Benarkah Smartphone Bisa Kurangi Kemampuan Berpikir

by
Lifestyle Technology   53 views

Benarkah Smartphone Bisa Kurangi Kemampuan Berpikir ? – Kemajuan teknology kadang tidak selalu membawa dampak positif bagi penggunanya , tak terkecuali dengan Smartphone yang sudah jadi trend bagi semua kalangan. Bahkan di masa sekarang anak anak dibawah lima tahun sudah ada yang familiar memakai smartphone ini, Tentu saja peran dari orang tua itu sendiri diperlukan untuk pengawasan. Gadget smartphone ini memang bisa membantu mempermudah kita dalam berkomunikasi dan melakukan suatu pekerjaan. Namun sisi buruknya pun perlu kita hindari.

Benarkah Smartphone Kurangi Kemampuan Berpikir

Foto : pricebook

Dan tahukah anda bahwa smartphone ini bisa memberi pengaruh negatif terhadap prestasi karier. Gadget satu ini diyakini banyak pakar kesehatan bisa membuat daya pikir penggunanya memburuk. Sebagaimana dilansir oleh The Muse, Jumat 29/6/2018, Sekolah Bisnis McComb di sebuah Universitas di Texas, Austin, membuat suatu kajian tentang dampak daripada smartphone terhadap daya pikir manusia.

Penelitian Tentang Smartphone Bisa Kurangi Kemampuan Berpikir

Adrian Ward, salah seorang peneliti yang ada, melakukan penelitian terhadap 800 peserta tentang dampak smartphone terhadap daya pikir. Peserta peserta penelitian ini diminta untuk mengerjakan suatu tugas dengan menggunakan ponsel yang diletakkan di dekat mereka dan sebagian ada yang mengerjakan tugas tanpa adanya ponsel.

BACA JUGA  Guru Kimia Ini Share 2 Tips Merancang Bayi Jenis Kelamin Wanita, Ikuti Logika Ilmu Pengetahuan dan Kekuatan Doa!

Bagaimanakah Hasilnya? Ditenukan bahwa peserta yang tidak membawa ponsel, mampu mengerjakan tugas tersebut dengan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak membawa ponsel.

Benarkah Smartphone Bisa Kurangi Kemampuan Berpikir

Foto : okezone

“Kebanyakan dari mereka yang membawa ponsel smartphone terganggu dengan adanya notifikasi dari smartphone mereka. Hal ini membuktikan kehadiran smartphone saja itu sudah cukup membuat berkurangnya kemampuan kognitif mereka,” kata Adrian Ward.

Ward mengatakan, notifikasi yang muncul di smartphone, bisa mengganggu konsentrasi, seperti signal lampu layar yang berkedip saat muncul notifikasi atau berupa getaran saat ada notifikasi masuk.

“Pada waktu smartphone dekat terlihat, kemampuan kognitif yang tersedia menjadi berkurang. Pikiran secara sadar membuat berpikir tentang gadget tersebut, namun ada suatu proses yang membuat agar tidak memikirkan gadget itu, jadi justru akan menguras kerja otak,” dikatakan Adrian Ward.

Nah, bila anda ingin bisa lebih fokus dalam melakukan suatu pekerjaan, maka sebaiknya anda “menyingkirkan sementara” smartphonemu. Misalnya bisa dengan menaruhnya di laci meja kerja anda.

Selamat Berexperiment .!

sumber rujukan : dream.co.id

BACA JUGA  Mencoba Kuliner MALAYSIAN STREET FOOD Di Pasar Malam Kuala Lumpur