INILAH SEBABNYA!! Mengapa Kopi Membuat Saya Lelah Dan Ngantuk ?

by
Lifestyle   186 views

Mengapa Kopi Membuat Saya Lelah Dan Ngantuk – Sebagai zat stimulan, kafein dipercaya dapat meningkatkan tenaga dan membuat Anda merasa lebih peka. Di Amerika Serikat sumber kafein adalah dari kopi. Menurut National Coffee Association Amerika sekitar 62 persen orang Amerika minum kopi setiap hari.

Tidak semua orang mengalami reaksi yang sama dari konsumsi kafein. Bahkan beberapa orang merasa lelah setelah meminum kopi meski hanya satu cangkir. Orang lain biasa meminum beberapa cangkir dalam sehari dan merasa tanpa ada efek yang buruk.
Tapi itu tidak benar-benar kopi yang bias membuat Anda lelah. Ini adalah cara untuk mempengaruhi tubuh sehingga dapat menyebabkan kantuk.

Silahkan simak ulasan dibawah ini tentang Mengapa Kopi Membuat Saya Lelah Dan Ngantuk :

1. Kopi Dapat mengeblok Adenosin

Adenosine adalah zat kimia dalam sistem saraf pusat yang mengatur siklus tidur – bangun Anda. Saat Anda terjaga seharian, level adenosin Anda meningkat. Akhirnya membuat Anda mengantuk dengan menekan aktivitas sel di basal otak depan. Setelah Anda tertidur, level adenosin akan menurun.

Kafein dalam kopi mengeblok reseptor adenosin otak dalam menerima zat adenosin, tapi itu aktualnya tidak menghentikan produksi adenosin atau kemampuan untuk membentuk reseptor adenosin tambahan. Ini berarti bahwa ketika efek kafein berkurang, ada penumpukan yang ingin mengikat reseptor adenosin. Hal ini dapat menyebabkan rasa kelelahan.

 

Mengapa Kopi Membuat Saya Lelah Dan Ngantuk

Foto : theenergyblueprint.com

 

2. Kopi adalah zat diuretik

Kafein telah dianggap sebagai zat diuretik selama bertahun-tahun. Diuretik adalah zat yang membuat Anda mengeluarkan urin lebih sering. Ini sesuai dengan teori bahwa minum banyak kopi meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Tetapi banyak Para ilmuwan berpendapat bahwa minuman yang mengandung kafein tidak benar-benar mempengaruhi produksi urin dalam jangka panjang, ini salah satu perbedaanya dibanding minuman lainnya.

BACA JUGA  Tips Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Jerawat, STOP Lakukan ini!!

Jika Anda mendapati bahwa minum kopi membuat Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, Anda mungkin akan terjebak dalam siklus dehidrasi yang membuat Anda merasa lebih lelah.

Pertama-tama, tubuh Anda kehilangan air ketika Anda pergi ke kamar mandi. Kehilangan air dapat mengurangi cairan dalam darah, yang dapat mempengaruhi bagaimana sistem kardiovaskular Anda meresponse untuk menjaga tekanan darah dan aliran darah.

Dehidrasi dapat menyebabkan detak jantung cepat dan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kelesuan. Ketika dehidrasi, sel-sel dalam tubuh kehilangan volume cairan. Ketika ini terjadi hal itu bisa mempengaruhi fungsi normal mereka, itu juga dapat menyebabkan rasa kelelahan. Sehingga wajar untuk meraih secangkir kopi lagi untuk melawan kelelahan ini, tetapi ini dapat memulai siklus dari awal lagi.

 

Sisi Buruk Minum Kopi adalah zat diuretik

Foto : flickr.com

 

Kafein juga merupakan penyebab vasokonstriksi. Ini berarti menyebabkan pembuluh darah tertentu menjadi sempit. Ini bisa mengubah aliran darah melalui berbagai bagian tubuh.

Jika Anda minum banyak kopi, Anda mungkin tidak minum air sebanyak yang seharusnya Anda minum. The Health and Medicine Division Amerika merekomendasikan panduan yang disebabkan kehausan Anda, tapi memberikan total asupan air harian untuk tujuan :

1. 15 cangkir (3,7 liter) untuk rata2 laki-laki dewasa
2. 11 cangkir (2.7 liter) untuk rata2 perempuan dewasa

Pedoman ini mencakup minuman lain selain air murni dan air dari makanan – makanan yang Anda konsumsi. Kecuali jika Anda mengalami gejala dehidrasi, seperti urin berwarna gelap dan rasa sakit di kepala, Anda mungkin perlu banyak minum air.

3. Kadar Gula dalam kopi Anda

Jika Anda ingin menambah gula untuk kopi Anda, Anda mungkin memakai gula yang biasa “berbenturan” setelah minum. Tambahan gula ini mungkin berasal dari krim atau sirup. Ini adalah hal wajar dalam minuman kopi.

BACA JUGA  Telah Resmi Dinyatakan oleh BPOM Bahwa Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu - Ini Resiko Penyakit Yang Ditimbulkan

Tubuh memproses gula jauh lebih cepat daripada kafein. Inilah pemicu mengapa Kopi Mengakibatkan Mudah Lelah Dan Ngantuk Setelah gula yang digunakan oleh tubuh Anda, Anda mungkin mengalami kemerosotan tenaga. Seberapa cepat ini terjadi tergantung pada orangnya masing – masing. Itu bisa saja terjadi dalam waktu 90 menit setelah menelan gula.

Bagaimana Cara untuk meminimalkan efek ini?

Jika Anda tidak ingin menghentikan kebiasaan kopi Anda, cobalah untuk tetap berpegang pada rekomendasi asupan harian.
Hingga 400 miligram (mg) kafein per hari dianggap moderat. Ini adalah sekitar dua sampai empat (8-ons cangkir) seduhan kopi per hari, tergantung juga pada campuran kopi anda.

Untuk lebih meminimalkan efek kelelahan, hindari minuman berbahan kopi dengan sirup gula dan krim. Anda juga harus membatasi penggunaan pemanis tambahan. Mengganti satu cangkir kopi dengan satu cangkir air juga dapat membantu anda.

Jika Anda secara teratur mengalami kelelahan pada sore hari, cobalah beralih ke kopi tanpa kafein atau teh setelah makan siang.

Ingat, kopi bukan satu-satunya yang mengandung kafein. Minuman ringan, penguat energi dan bahkan beberapa penghilang rasa sakit ada yang mengandung kafein. Efek keseluruhan kafein pada tubuh Anda tergantung pada jumlah total dalam tubuh Anda dari semua sumber dan seberapa sering Anda dalam mengkonsumsi kafein.

Kesimpulan Mengapa Kopi Membuat Saya Lelah Dan Ngantuk :

  • Kopi itu sendiri tidak akan membuat Anda segera merasa lelah, tetapi kandungan kafein kemungkinan bisa menyebabkan kelelahan setelah secara teratur minum dari waktu ke waktu.
  • Jika Anda merutinkan konsumsi +/- 400mg kafein per hari atau kurang dan tidak begitu menyukai gula tambahan, Anda akan menuai banyak keuntungan dari kafein dan terhindar dari rasa nagntuk dan kelelahan.

Sumber : healthline.com