Benarkah Menangis Dari Jam 7 Sampai 10 Malam Bikin Rammping

by
Berita Lifestyle   187 views

Menangis merupakan luapan perasaan emosional diri kita, seperti sedih, kecewa, dan gagal, bahkan bahagia. Menangis juga dapat melepaskan stres bagi sebagian orang. Tapi, tahukah Anda jika menangis juga dapat menurunkan berat badan?

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, menangis dengan semua perasaan dan emosi ternyata dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena hormon-hormon dari tangisan yang emosional membantu meningkatkan level kortisol, di mana ini terjadi ketika Anda memiliki emosi yang sudah dibendung lama.

Menangis bantu turunkan berat badan (Foto : Goodtimes)

Faktanya, air mata yang disebabkan oleh stres memiliki kemampuan untuk menghilangkan beberapa jenis zat beracun dari tubuh. Itulah sebabnya ahli biokimia William Frey memberikan kesimpulan, menangis membantu menghilangkan zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia sedang tertekan secara emosional.

Selain itu, tubuh kita tidak akan menyimpan lebih banyak lemak lagi ketika kita mencucurkan air mata, karena semua hormon stres akan segera dilepaskan melalui proses menangis ini.

Penelitian juga mengatakan bahwa Anda hanya dapat mendapatkan manfaat ini jika Anda menangis yang dipicu oleh emosi yang nyata. Ada 3 jenis air mata, yaitu;

  1. Air mata basal atau air mata fungsional dasar yaitu berguna untuk menjaga kelembapan mata kita
  2. Air mata refleks atau air mata iritasi yang tanpa sengaja kita tumpahkan karena dipicu stres lingkungan seperti asap dan angin
  3. Air mata psikis yang terkait dengan perasaan kita yang sebenarnya dan emosi manusia.

Karenanya, hanya air mata psikis yang memiliki efek untuk menurunkan berat badan. Namun ada jangka waktu tertentu untuk memaksimalkan efek ini. Karena para ilmuwan menyarankan untuk menangis kapan saja, tapi menurut mereka waktu terbaik adalah jam 7 sampai 10 malam. Kabar baik bagi Anda yang suka nonton film dengan akhir cerita sedih untuk menonton di jam tersebut.

Tangisan bukan hanya baik untuk melepaskan semua perasaan terpendam agar dapat menjaga kesehatan mental kita, tetapi juga bagus untuk kesehatan fisik kita. Tapi, tentu saja, jangan mencoba tips ini dengan menangis setiap hari hanya karena Anda ingin menurunkan berat badan.
Artikel Sumber