LUCU Juga Ya! Ketua KPPS Wamena Papua Bawa Kabur Surat Suara Dicoblos Sendiri Lagi

by
Berita   116 views

Kronologi Ketua KPPS Wamena Papua Bawa Kabur Surat Suara Dicoblos Sendiri – Ketua KPPS Atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Kota Wamena, Jayawijaya Papua , Amalus Wetapo diberitakan telah membawa kabur barang logistik untuk Pilkada 2018. Hal itu berakibat terganggunya proses pemungutan suara di TPS di daerah yang jadi tanggung jawab ketua KPPS tersebut.

Ketua KPPS Wamena Papua Bawa Kabur Surat Suara Dicoblos Sendiri

Foto ilustrasi : Memanggul Kotak Suara via sketsanews.com

Brigjen Mohammad Iqbal Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri dalam keterangannya mengatakan, bahwa kejadian tersebut baru diketahui sekira kurang lebih pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur. Pada waktu tersebut para petugas mendapati bahwa ada kotak suara yang berada di TPS 5 Distrik Wamena telah hilang.

“Kemudian aparat berwenang melakukan pencarian dan ternyata berada di rumah Ketua KPPS dan ternyata sedang dicoblos coblosi satu persatu surat suaranya tersebut,” ujar Brigjen Mohammad Iqbal Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, di Jakarta Rabu (27 Juni).

“Ketua KPPS yang bernama Amalus Wetapo itu saat ini telah diamankan di dalam kantor kepolisian setempat dan tengah dilakukan interogasi lebih lanjut. Karena kejadian ini untuk sementara petugas penyelenggara pemilu tengah melakukan perundingan untuk dilakukannya pemungutan suara ulang di TPS terdampak” papar Brigjen Mohammad Iqbal.

BACA JUGA  53 HARI BOLOS Sekolah Akhirnya Polisi Turun Tangan

“Kejadian ini telah dilaporkan ke Panwas. Saat ini petugas penyelenggara sedang bermusyawarah,” kata Mohammad Iqbal.

Dikonfirmasikan secara terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan, Di TPS tersebut dilaksanakan dua Pilkada sekaligus yakni pemilihan Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya . “PilBup ada satu calon tunggal, sementara untuk PilGub ada dua pasang calon,” ungkap Kombes AM Kamal.

Dan rencana selanjtnya, akan dilakukan Pemungutan Suara Susulan di TPS 5 Distrik Wamena pada hari Kamis 28 Juni 2018 besok. Sebab, banyak surat suara yang rusak akibat perbuatan Amalus Wetapo. Sementara ini kasus tersebut tengah ditangani Sentra Gakkumdu.

Ketua KPPS Wamena Papua Bawa Kabur Surat Suara Dicoblos Sendiri Lagi

Foto : lumennews.id

“Ini disebabkan harus menunggu surat suara yang masih diambil akibat sebagian surat suara yang rusak itu,” ujarnya.

Sumber : sketsanews.com