Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga “Hasilnya Bikin Kamu Ketagihan Gerakan ini!”

by
Lifestyle   285 views

Siapa sih yang gak pingin punya betis yang indah tampak ramping dan kuat. Nah dalam melakukan senam peregangan untuk otot-otot statis yang ada pada betis itu bisa dikategorikan menjadi 2 bagian, yakni aktif dan pasif.

Melakukan peregangan aktif itu didasarkan kepada berat atau kekuatan tubuh itu sendiri agar bisa mempertahankan postur. Sedangkan dalam peregangan pasif itu lebih dibutuhkan bantuan dari luar untuk melakukannya seperti penggunaan tali, gaya gravitasi, bantuan orang lain atau alat peregangan.

cara meregangkan otot-otot pada betis melalui gerakan-gerakan Senam Yoga

Peregangan otot betis ini bertujuan untuk merelaxasi bagian otot trisep (otot gastrocnemius, otot soleus). Selain daripada itu kita juga hendaknya bisa melakukan peregangan otot pada bagian otot tibialis anterior dan bagian otot patellar anterior (otot tungkai).

Kelompok otot kecil biasanya bekerja sangat keras pada saat kita sedang berlari. Fungsi otot-otot ini untuk menjaga stabilitas yang ada di pergelangan kaki saat berlari. Jadi oleh karena hal itu, peregangan otot ini dilakukan agar lebih meningkatkan fleksibilitas (kelenturan) otot serta daya jangkau gerakan persendian. Tentu saja melakukan gerakan peregangan juga mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dan nyeri pada otot.

Nah pada uraian berikut ini marilah simak bagaimana Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga melalui gerakan-gerakan ini:

Gerakan Ke 1.

Posisi duduk dengan kedua kaki terlipat ke belakang di atas matras yoga.

cara meregangkan otot-otot pada betis melalui gerakan-gerakan Senam Yoga

 

Gerakan Ke 2.

Selonjorkan lurus kedua kaki ke belakang, angkat tubuh sedikit ke atas, lalu kedua tangan menyentuh lantai , mirip formasi segitiga tampak dari samping.

cara meregangkan otot-otot pada betis melalui gerakan-gerakan Senam Yoga

 

Gerakan Ke 3.

Tekuk ke depan kaki kanan dengan tumit masih menyentuh alas Yoga . Kemudain ganti kaki sebelahnya kiri yang didepan dan kakai kanan yang belakang dan sambil atur nafas. Lakukan gerakan ini secara berulang dan perlahan lahan

cara meregangkan otot-otot pada betis melalui gerakan-gerakan Senam Yoga

 

Gerakan Ke 4.

Selanjutnya kembali ke posisi awal tadi masih formasi segitiga dan sambil atur nafas

cara meregangkan otot-otot pada betis melalui gerakan-gerakan Senam Yoga

 

Gerakan Ke 5.

Kemudian satu kaki diayunkan ke atas dan bawah secara bergantian dimulai dari kaki kanan setelah itu ganti kaki sebelahnya

 

Gerakan Ke 6.

Selanjutnya kembali ke posisi duduk awal dan lalu selonjorkan kedua kaki lurus ke depan, posisi tangan di belakang menyentuh lantai.

 

Gerakan Ke 7.

Dan setelah itu, lipatlah salah satu kaki , pegang ujung jari kaki satunya dengan kedua tangan. Lalu lakukan secara bergantian ke kaki lain.

 

Gerakan Ke 8.

Selanjutnya selonjorkan kedua kaki sambil tarik napas, lalu angkat tangan ke atas dan luruskan punggung usahakan setegak mungkin. Sambil melepaskan napas, lakukan gerakan menurunkan tangan ke bawah condong ke depan hingga sampai menyentuh ujung atau telapak kaki lagi.

 

 

Gerakan Ke 9.

Kemudian ambil handuk dan digulung setelah itu letakkanlah di antara paha dan betis. Posisi duduk seperti biasa kemudian angkat tangan lurus ke atas. Setelah itu turunkan lagi kedua tangan sambil atur nafas seperti biasa

 

Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga

 

Gerakan Ke 10.

Pelan-pelan keluarkan handuk. Ubah posisi kaki seperti gambar dibawah ini. Tahan posisi terebut selama kurang lebih 15-20 detik. Kemudian ganti lakukan dengan posisi yang sama ke kaki lainnya sekira 15-20 detik juga.

Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga

 

Setelah serangkaian gerakan diatas maka selesai urut-urutan gerakan senam peregangan otot betis ala Yoga. Kemudian kembali ke posisi semula dan selesai!

Cara Melakukan Senam Peregangan Betis ala Yoga

 

Lakukan setiap gerakan senan Yoga untuk otot-otot betis sebagaimana uraian di atas tadi selama 15-20 detik. Sebisa mungkin rutin dilakukan, ya! sehingga dengan begitu, efeknya akan lebih cepat didapat dan tampak. Jadi para sahabat nanti mau duduk ataupun berdiri dalam waktu lama, gak kawatir betis bakal membengkak..  Taraaaa

Selamat mencoba..!!

Sumber : 17moveon

Berikut link videonya: iqiyi.com