Inilah Beragam Kuliner Favorit Khas Lombok Yang Perlu Anda Coba

by
Lombok Nusantara   234 views

Beragam Kuliner Favorit Khas Lombok yang Memanjakan LidahLombok memang sudah sangat tersohor dengan keindahan obyek wisata alamnya, namun ternyata tak hanya sebatas itu saja. Beragam kuliner khas Lombok juga tak kalah menarik untuk dibahas. Sebab semuanya terkenal lezat dan siap memanjakan lidah para pengunjung yang berlibur kesana.

Daftar Kuliner Favorit Khas Lombok

Kebanyakan kuliner khas di Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki ciri khas berupa bumbu rempah yang kuat dan citarasa yang agak pedas. Hampir tidak jauh-jauh dengan kuliner khas Bali. Oleh sebab itu, tak heran jika kuliner khas Lombok sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Apa saja kuliner khas Lombok yang dimaksud dan dimana saja bisa mendapatkannya? Ini dia rangkumannya:

Sate Tanjung, Pasar Tanjung via FB Umar Al Jihad

  • Sate Tanjung, Pasar Tanjung

Sate Tanjung ini bukan seperti sate-sate lainnya yang pada umumnya terbuat dari daging ayam, kambing atau sapisa. Daging yang digunakan sebagai bahan baku utama sate Tanjung ini adalah daging ikan cakalang. Daging ikan cakalang yang tidak berduri, bertekstur lembut dipadu dengan bumbu khas Lombok yang khas membuat sate Tanjung ini jadi kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Lombok.

 

  • Sate Rembiga, Jalan Dakota nomor 2

Sate Rembiga ini merupakan kuliner khas Lombok  yang berasal dari sebuah desa bernama sama, Rembiga. Citarasa daging sapi yang diolah menjadi sate Rembiga ini memang lain daripada yang lain. Sate Rembiga memiliki citarasa yang gurih, pedas dan manis.

Sate Rembiga via FB Edy Sumirman‎

Selain dapat menemukannya langsung di daerah asalnya, Desa Rembiga, masih ada sejumlah warung makan lain yang juga menyediakan menu sate Rembiga, salah satunya adalah yang berada di Jalan Dakota nomor 2.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo

 

  • Sate Bulayak

Masih dengan kuliner yang berbentuk sate, sate Bulayak menjadi pilihan lain bagi Anda para penggemar sate. Sate Bulayak ini juga tidak seperti sate-sate daging pada umumnya, sate ini terbuat dari daging sapi yang sudah dilumuri dengan bumbu khas turun temurun di kalangan masyarakat Sasak, salah satu suku asli Lombok.

Sate Bulayak Lombok

Sate Bulayak juga biasanya dimakan dengan lontong yang berbentuk unik. Lontong untuk sate Bulayak ini tidak terbungkus dengan daun pisang, melainkan dengan daun aren. Anda bisa menemukan kuliner khas satu ini di beberapa wilayah lain di Lombok seperti di kawasan wisata Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi.

.

  • Beberuk Terong

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner, salah satunya adalah Beberuk terong. Beberuk ini biasanya dijadikan lalapan atau makanan pendamping jika Anda menikmati kuliner khas Lombok lain yaitu ayam Taliwang.

 

Jadi Anda tidak akan sulit menemukan menu berbahan dasar terong  yang ditumis ini, sebab hampir semua restoran ayam Taliwang menyediakan menu ini. Salah satunya adalah di Ayam Bakar Taliwang Iraman yang berlokasi di daerah Cakranegara, Lombok.

Bebalung berasal dari kata ‘balung’ yang artinya adalah tulang. Tulang yang dipakai sebagai bahan utama menu masakan ini ialah tulang iga sapi atau tulang iga kerbau. Kuliner ini memiliki citarasa khas yang lezat karena terdiri dari campuran berbagai rempah bumbu yang kuat. Kuliner Bebalung bisa Anda jumpai di beberapa tempat, salah satunya adalah di Depot Kelebet yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto atau di belakang kantor gubernur NTB.

BACA JUGA  7 Tempat Kuliner Favorit di Kota Surabaya

 

  • Plecing Kangkung

Plecing kangkung bukan hanya ada di Bali saja, menu plecing kangkung juga ada di Pulau Lombok. Namun, yang membedakan kuliner plecing kangkung yang ada di Bali dengan yang di Lombok adalah kangkung yang digunakan. Anda dapat menjumpai menu khas Lombok satu ini di berbagai tempat makan, salah satunya di Rumah Makan Dua-Em, jalan Transmigrasi nomor 99, Mataram.

 

  • Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung merupakan sajian kuliner khas Lombok Tengah yang memiliki racikan bumbu pedas yang lezat dan menggigit. Nasi balap Puyung ini banyak tersebar di berbagai tempat. Menu ini pertama kali dibuat oleh Inaq Esun lalu diwariskan ke anak cucunya.

Nasi Balap Puyung via FB Baiq Rina Apriani

  • Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan kuliner khas Lombok yang sudah tersohor hingga ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Olahan ayam berbumbu yang gurih dan bercitarasa kuat ini banyak dijumpai di sekitar wilayah Saying-Sayang, Kota Mataram dan daerah lainnya di Lombok.

Ayam Taliwang Senggigi Via FB Chaca Lola

  • Kelaq Batih

Kuliner yang satu ini sudah sangat jarang ditemui di restoran-restoran yang ada di Lombok. Namun di beberapa warung makan tradisional, Anda mungkin masih bisa menemukannya. Kelaq Batih merupakan kuliner yang unik karena terbuat dari biji buncis tua yang dipadukan dengan daun singkong muda. Kekuatannya terletak pada racikan bumbunya yang khas.

Itulah Beragam Kuliner Favorit Khas Lombok yang wajib anda coba. Tentunya, selain diatas, masih banyak jenis kuliner lain yang juga tak kalah lezat. Nah, semoga informasi diatas bermanfaat.