8 Tips Rahasia AC Yang Belum Banyak Diketahui Orang, No. 7 Paling Bikin Irit

by
Lifestyle   193 views

8 Tips Rahasia AC Yang Belum Banyak Diketahui – Masyarakat di seluruh dunia terutama yang di kota kota besar pasti menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan, terlebih lagi ketika musim panas di negara 4 musim dan musim kemarau di negara 2 musim seperti Indonesi. Akan tetapi penggunaan AC dapat menyebabkan naiknya biaya bulanan pemakaian listrik. Banyak dari kita yang menggunakan berbagai cara untuk menghemat biaya listrik tersebut.

Perangkat Elektronik yang satu ini dalam pengoperasiannya hampir semua orang bisa karena mudah, namun apakah sebagai pemakai apakah anda sudah betul – betul mengetahui seperti apa cara pengoperasian yang tepat terhadap AC ini? Dan tahukah Anda bahwa sebetulnya AC bila dioperasikan dengan benar akan memiliki fungsi yang dapat menghemat listrik?

 

8 Tips Rahasia AC Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Pada ulasan berikut ini kami paparkan 8 trik rahasia mengoperasikan AC yang tidak banyak diketahui orang, Bahkan bila anda coba aktifkan ” Mode ” ini , AC anda mampu menjadi lebih dingin dan tentu saja Lebih irit LHO! Bagaimana , Penasaran kan?

Yuuk, Mari simak satu persatu 8 Tips Rahasia AC Yang Belum Banyak Diketahui berikut ini:

1. Setel suhu di 26 derajat celcius.

Penyetelan Suhu 26 derajat Celcius pada AC adalah setelan suhu yang paling bagus, membuat nyaman dan tidak menimbulkan penyakit.

Meski tubuh manusia sendiri sudah bisa menyesuaikan suhu tubuh, tapi kemampuan tersebut juga ada batasnya. Bila suhu luar dan suhu dalam ruangan berbeda terlalu jauh, anda pun bisa dengan mudah jatuh sakit. Suhu 26℃ adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok, dan suhu ini pun paling membuat AC-mu irit.

2. Sirip blower AC arahkan ke atas agar aliran udara banyak tersembur keatas.

Jadi saat anda menyalakan AC, maka aturlah arah blower AC ke atas atau paling tidak lurus kedepan posisinya, hal ini akan menyebabkan aliran udara AC bisa lebih cepat memenuhi seluruh ruangan dan lebih stabil.

3. Posisi tidur dengan badan menyamping saat AC menyala.

Posisi tidur yang kurang tepat tentu akan berefek buruk, seperti posisi tidur terlentang di bawah aliran angin AC dapat menyebabkan mulut kering dan aliran udara AC yang secara langsung meniup ke arah tubuh sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Sebagaimana dikatan oleh Dokter Li dari Taiwan, posisi tidur badan sebaiknya menyamping saat buka AC, karena hal ini dapat membantu mencegah anda bernafas dengan membuka mulut dan menyebabkan aliran udara akan lebih stabil.

4. Jangan terburu – buru menyalakan AC saat masuk ruangan.

BACA JUGA  Benarkah Smartphone Bisa Kurangi Kemampuan Berpikir

Pada umumya orang masuk ruangan saat udara panas dan pasti akan langsung menyalakan AC. Apabila anda masuk dari luar yang bersuhu sangat tinggi, serta langsung menyalakan AC dengan setelan suhu rendah, maka tubuh anda akan tidak sempat beradaptasi dan bisa menyebabkan tekanan darah anda meningkat tinggi dalam beberapa saat. Hal ini tentunya sangat tidak baik buat kesehatan, terutama bagi orang- orang yang menderita jantunga lemah. Jadi saat memasuki ruangan, janganlah terlalu buru- buru menyalakan AC, tunggulah beberapa saat sampai suhu tubuh anda mulai menyesuaikan, barulah anda nyalakan AC.

5. Nyalakan AC dahulu, baru setelah itu tutup jendela dan pintu.

Hal ini penting dan harus diperhatikan ketika anda menyalakan AC. Berikut langkah – langkahnya: Anda harus masuk ruangan dulu, nyalakan AC, tunggu beberapa saat baru tutup jendela. Tujuan dari menyalakan AC dahuluulu adalah agar membiarkan udara kotor dalam AC keluar terlebih dahulu, setelah AC menyala beberapa saat, baru setelah itu tutup jendela. Hal ini sama halnya dengan saat mau menyalakan AC mobil.

6. Jangan matikan AC bila anda ingin meninggalkan ruangan untuk beberapa saat saja.

Pada umumnya seringkali orang – orang karena dianggap bisa irit, mereka senantisa mematikan AC saat berpergian sebentar saja, dan selanjutnya akan menyalakan AC lagi bila sudah sampai rumah. Padahal dengan cara ini justru akan menyebabkan anda lebih boros dan tidak bagus untuk mesin AC nya sendiri. Mesin AC yang terlalu sering hidup matikan dapat membuat mesin jadi kelabakan karena secara tiba2 nyala dan mati sehingga akhirnya jadi rusak.

Ketahuilah bahwa saat anda menyalakan AC, daya listrik yang dipakai AC mencapai antara 500 – 1000 watt, hal ini tentu sangat membuatmu lebih boros listrik! Jadi apabila anda hanya ingin berpergian dalam waktu singkat, atau misalnya 1 jam saja, maka lebih baik jangan mematikan AC anda, karena dengan cara ini akan menyebabkan lebih irit.

7. Gunakan mode DRY. Saat udara terlalu panas dan lembab, ubah setelan mode AC menjadi DRY.

Begini penjelasan kelebihan Fungsi Mode DRY ini :

Dengan mengganti setelan mode AC dari Cool menjadi mode DRY, maka Anda AC anda secara otomatis menjaga kelembaban ruangan. Bukan hanya bisa membuang kelembaban berlebih yang ada dalam ruangan, namun juga berfungsi menjaga suhu udara dalam ruangan menjadi sejuk.

Dengan menggunakan setelan mode DRY ini, mesin AC beroperasi pada suhu yang lebih stabil, membuat sirkulasi angin yang terus menerus dan mengeringkan ruangan dengan suhu yang dingin. Bahkan saat kelembaban udara ruangan sudah kering, dengan mode DRY mesin AC akan otomatis berubah menjadi mode menghembuskan angin dingin dengan tidak menjalankan kompresor. Bisa dibayangkan TENTU LEBIH IRIT bukan.!!

BACA JUGA  Layak Dicoba !! 10 Tips Mengencangkan Perut Pasca Melahirkan

Begitu pula saat musim hujan, udara akan terasa lebih lembab dan panas, nah pada saat kondisi seperti ini, anda harus mengubah setelan mode AC dari Cool menjadi mode DRY. Pada mode DRY ini AC bukan hanya berfungsi menyerap udara yang lembab, namun juga bisa membuat pemakaian listrik lebih irit sekali! Jadi Anda tidak perlu memakai banyak listrik dalam menjalankan AC dan ruangan anda tetap dingin dan sejuk.

Sedangkan sebaliknya bila setelan AC di mode ‘Cool’ maka hanya akan membuat kompresor dan mesin angin AC Anda bekerja bersamaan. Dan apabila mesin AC bekerja terus tanpa henti di mode Cool, tentu bukan hanya biaya listrik anda yang akan membengkak, namun ruangan anda juga akan terasa lebih lembab.

Efeknya saat udara ruangan Anda lembab, maka suhu tubuh Anda akan merasa lebih gerah dan terkadang serasa AC Anda seperti tidak dingin lagi.

Apabila anda menyalakan AC dengan mode Cool, blower AC akan berputar terus dengan kencang sampai suhu ruangan tercapai dinginnya, namun apabila anda menyalakan dengan mode Dry, blower AC akan berputar dengan lebih lambat dan stabil, sehingga daya listrik yang digunakan pun jadi lebih irit.

8. Buka jendelah sebentar setelah 3 jam menyalakan AC.

Banyak sekali orang yang belum tahu hal penting ini. Bila AC sudah menyala dalam ruangan tertutup selama 3 jam, maka udara di dalam ruangan sudah tidak segar lagi, apabila dalam waktu 6 jam tidak ada pergantian udara, maka udara dalam ruangan tersebut sudah terpolusi sangat berat. Polusi udara ini sangat bisa mempengaruhi kesehatan.

Apabila anda sering mendapati masalah pernafasan, sering flu, mudah pusing dan suka berada dalam ruangan ber AC yang tertutup, maka sudah seharusnya anda memperhatikan masalah ini. Sebaiknya bukalah jendela setelah 3 jam menyalakan AC agar sirkulasi udara segar terjaga.

Sumber : cerpen.co.id judul “8 Rahasia AC” yang Dijamin Tidak Pernah Kamu Ketahui! Ternyata Kalau Kamu Tekan “Ini”, AC-mu Bisa Jauh Lebih Dingin dan Irit!!

Jangan Lupa Bagikan 8 Tips Rahasia AC Yang Belum Banyak Diketahui ini pada teman – teman dan kerabat anda agar lebih banyak yang dapat manfaat!