8 Tempat Kuliner Enak Dan Terfavorit Di Magelang

by
Magelang Nusantara   157 views

8 Tempat Kuliner Enak dan Terfavorit di Magelang – Selain terkenal dengan Candi Borobudur yang menjadi salah satu keajaiban dunia, kota Magelang juga menyimpan beragam jenis kuliner khas yang tak kalah menarik dari keindahan wisatanya.

Rekomendasi 8 Tempat Kuliner Enak Dan Terfavorit Di Magelang

Sudah bukan rahasia lagi, jika berkunjung ke Magelang kebanyakan wisatawan akan langsung meluncur ke Candi Borobudur dan beberapa wisata lainnya yang terkenal di Magelang seperti Ketep Pass atau Umbul Candi. Namun, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi aneka sajian kuliner khas Magelang yang terkenal akan kelezatannya. Diantaranya adalah:

  • Kupat Tahu Pak Slamet

Kupat Tahu merupakan salah satu kuliner lokal dari Magelang yang harus pertama kali Anda coba. Kupat tahu khas Magelang ini terdiri dari potongan tahu, ketupat, tempe bacem, bakwan, irisan kol mentah, daun seledri dengan taburan bawang goreng dan kacang goreng. Kuah kacangnya lembut dan dilengkapi dengan ulekan cabai yang diletakkan di pinggiran piring.

Kupat Tahu Pak Slamet Via FB Denny Kurniasari

Warung Kupat Tahu Pak Slamet buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Harga per porsi Kupat Tahu Pak Slamet cukup terjangkau, hanya 15 ribu rupiah saja.

 

  • Nasi Goreng Magelangan Pak Yatno

Nasi goreng Magelangan merupakan campuran nasi, mie dan telur yang dimasak bersama-sama dengan  bumbu yang gurih dan khas. Di beberapa tempat lain di Jawa, nasi goreng Magelangan ini juga kerap disebut dengan istilah sego mawut. Salah satu warung nasgor Magelangan yang terkenal adalah di warung milik Pak Yatno yang berada di Jalan Mayjend Bambang Soegeng.

Nasi Goreng Magelangan Pak Yatno

Nasi Goreng Magelangan Pak Yatno Via FB Catur Gukido

Warung Pak Yatno buka mulai pukul 4 sore hingga dini hari. Selain nasgor Magelangan, ada juga hidangan lain seperti bakmi goreng atau bakmi godhog yang bercitarasa gurih dan agak manis, khas Magelang. Harga rata-rata per porsi menunya 15 ribu rupiah.

BACA JUGA  Kuliner Ayam Paling Hot Di MEDAN - Pedasnya Berlevel!

 

  • Sop Senerek (Sop Kacang Merah)

Sop senerek merupakan salah satu kuliner khas Magelang yang berbahan dasar kacang merah. Selain kacang merah, ada beberapa bahan isian lain untuk sop ini seperti bayam, wortel, daun bawang serta irisan daging sapi. Kuliner ini merupakan perpaduan antara budaya lokal dengan budaya dari Belanda.

 

Jadi jika Anda berkunjung ke Magelang, jangan lupa untuk mencicipi sepiring sop senerek yang lezat di Warung Makan Sop Senerek Iga Banar yang berlokasi kurang lebih 3 kilometer dari Candi Borobudur.

 

  • Warung Beong

Warung Beong Asli Borobudur ini menyajikan salah satu kuliner khas yaitu Mangut Beong. Beong sendiri merupakan sejenis ikan air tawar yang secara endemik hidup di bantaran Sungai Progo yang membelah Magelang. Harga per porsi Mangut Beong ini tergantung dari berat ikan tersebut. Jika Anda kurang suka dengan mangutnya, Anda bisa menikmati sajian ayam goreng di warung ini.

 

Berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman nomor 444 Borobudur, warung ini buka dari pukul 8 pagi hingga 8 malam. Selain ikan beong, ada juga ikan lainnya seperti nila, lele, gabus dan belut.

 

  • Brongkos Warung Ijo

Warung makan ini didominasi dengan warna hijau membuatnya nampak unik. Ternyata warung makan ini sudah cukup legendaris, pertama kali didirikanoleh Bu Padmo pada tahun 1952 dan berlokasi di Jalan Magelang KM.17, Ngebong, Margorejo yang beradi di perbatasan antara Magelang dan Yogyakarta.

Brongkos Warung Ijo bu Padmo Via FB Steph R Kristiawan

Warung ini buka cukup lama, yakni mulai pukul 6 pagi hingga jam 9 malam dengan menu andalannya yaitu brongkos daging sapi. Yaitu sejenis masakan berkuah santan kental yang manis dan agak pedas. Seporsi brongkos komplit dibanderol dengan  harga 35 ribu.

BACA JUGA  Pilihan Menarik Destinasi Wisata Favorit Di Seminyak BALI

 

  • Tahu Pojok Magelang.

Warung yang sederhana ini berada di Jalan Tentara Pelajar dan selalu ramai dikunjungi pelanggannya. Menu andalannya apa lagi kalau bukan kupat tahu. Warung kupat tahu ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1942 dan resepnya selalu diwariskan secara turun temurun.

 

  • Dapoer Gending.

Jika Anda ingin mencoba kuliner yang sudah biasa dan mungkin sudah familiar dengan Anda, Anda bisa mampir ke Dapoer Gendhing yang berlokasi di Jalan Pramudya Wardhani nomor 19. Tempat makan ini menyajikan aneka kuliner berbahan ayam dan ikan serta aneka chinese food. Rasanya enak dan harganya terjangkau. Restoran ini buka dari pukul 10 pagi hingga 9 malam.

 

  • Warung Roda Tiga Pak No

Jika Anda penggemar kuliner berbahan dasar daging sapi atau kambing seperti gule, tongseng, tengkleng, hingga nasi goreng, Anda bisa coba berkunjung ke Jalan Kalingga, tidak jauh dari Hotel Sumber Waras, Magelang. Disitu ada sebuah warung makan yang cukup terkenal, Warung Roda Tiga Pak No. Menu tengkleng di warung ini benar-benar juara.

Warung Roda Tiga Pak No Via FB Widoyoko‎

Nah itu dia tadi berbagai 8 Tempat Kuliner Enak dan Terfavorit di Magelang yang kami rekomendasikan untuk Anda.