7 Wisata Terfavorit Di Kota Banyuwangi

by
Banyuwangi Nusantara   101 views

7 Wisata Terfavorit Di Kota Banyuwangi – Ingin berlibur ke Bali tetapi tidak punya biaya yang cukup? Cobalah berlibur ke Kota Banyuwangi, karena 7 wisata terfavorit di kota Banyuwangi ini tak kalah menariknya dengan wisata yang ada di Bali dan Raja Ampat. Penasaran?

Daftar Wisata Terfavorit di Kota Banyuwangi.

  1. Gunung dan Kawah Ijen

Gunung Ijen merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif, terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.

Gunung Ijen memiliki tinggi sekitar 2.443mdpl, sekitar 400mdpl lebih pendek dibanding Gunung Merapi dan Gunug Merbabu. Dengan tinggi 2.443 mdpl, Gunung Ijen cocok dijadikan destinasi mendaki bagi Anda yang belum pernah mendaki sama sekali dan berniat untuk mendaki gunung.

Gunung dan Kawah Ijen Banyuwangi

Gunung ini juga cocok untuk didaki oleh para profesional yang ingin menghabiskan liburan tetapi tidak ingin terlalu capek.

Di gunung ini terdapat sebuah kawah yang cukup terkenal dengan nama yang sama dengan nama gunungnya yaitu Kawah Ijen yang dalamnya 200 meter dan luas mencapai 5000 hektar lebih.

Pada pukul 2 dini hari hingga 4 pagi di kawah ini sering terjadi fenomena alam yaitu blue fire atau blue flame.

Fenomena blue fire atau blue flame merupakan fenomena di mana larva yang biasanya berwarna merah menjadi berwarna biru.

Fenomena ini terjadi karena proses pembakaran gas belerang yang bertemu dengan suhu di atas 360 derajat celcius bahkan lebih.

Oh ya, blue flame  atau blue fire yang terjadi di dunia hanya ada di dua negara lho yaitu Islandia dan Indonesia. Keren, kan?

  1. Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai yang memiliki nama lain G-Land ini lokasinya berada di Taman Wisata Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

BACA JUGA  Destinasi Bulan Madu di Bali Paling Romantis

Mengapa disebut pantai Plengkung dan memiliki nama lain G-Land? Karena jika dilihat dari udara, ternyata keseluruhan pantai ini memiliki bentuk melengkung seperti huruf G makanya disebut Pantai Plengkung atau G-Land.

Pantai Plengkung G-Land Banyuwangi

Selain itu ombak-ombak di pantai ini memiliki bentuk melengkung yang cocok untuk surfing. Jadi bila Anda memiliki hobi surfing, berkunjung ke pantai ini merupakan kewajiban untuk Anda.

Namun untuk menuju ke pantai ini Anda harus mempersiapkan fisik dan mental yang kuat karena jaraknya dari Kota Banyuwangi mencapai 50KM.

  1. Air Terjun Tirto Kemanten

Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Wonorejo, terletak di dusun Wonorejo, desa Kalibaru Wetan, kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Tepatnya berada di lereng gunung Raung.

Untuk menuju air terjun ini Anda harus menempuh jarak 60KM dari kota Banyuwangi ke arah selatan melewati perkebunan kopi dan teh.

Air Terjun Tirto Kemanten Wisata Terfavorit Di Kota Banyuwangi
  1. Padang Savana Baluran

Banyuwangi memiliki padang savana yang tak kalah indah dengan padang savana di Afrika. Padang savana tersebut terletak di Taman Nasional Baluran, desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Meki masuk ke wilayah Kabupaten Situbondo, tetapi secara geografis letak wisata Baluran ini berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Sehingga beberapa orang ada yang beranggapan bahwa Taman Nasional Baluran berada di Situbondo ada juga yang menyebut jika tempat wisata ini berada di Banyuwangi.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp15.000, parkir roda dua Rp5.000, parkir roda empat Rp10.000. Namun harga tiket itu sewaktu-waktu dapat berubah.

  1. Pantai Pulau Merah
BACA JUGA  Inilah Tempat Wisata Budaya Yang Paling Favorit Di Bali

Pantai Pulau Merah terletak di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini dinamakan Pulau Merah karena terdapat sebuah bukit kecil di dekat bibir pantai yang tanahnya berwarna merah.

Meski tanah pada bukit tersebut berwarna merah, tetapi pasir pantai Pulau Merah berwarna putih.

Ombak di pantai ini cocok untuk berselancar karena cukup menantang. Banyak turis asing yang berselancar ketika mengunjungi pantai ini.

  1. Air Terjun Kalibendo

Air terjun ini berlokasi di desa Anyar, kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur. Tepatnya terletak di lereng gunung Ije.

Untuk menuju ke ari terjun Kalibendo, Anda harus menempuh jarak sejauh 15KM, kira-kira membutuhkan waktu satu jam bila ditempuh dengan sepeda motor, tidak terlalu jauh, kan?

  1. Blue Bay (Teluk Biru)

Teluk Biru adalah sebuah pantai yang lokasinya berada di kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk sampai di sana hanya ada satu jalur transportasi yaitu jalur laut. Karena aksesnya yang sulit, blue bay belum begitu dikenal oleh masyarakat di luar Banyuwangi.

Namun, lokasinya yang sulit diakses tersebut membuat blue bay masih begitu asri. Airnya masih sangat bersih bahkan bening. Terumbu karang-terumbu karang yang berada di dasarnya pun dapat dilihat dari permukaan saking bersihnya air yang dimilikinya.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang. Memang tidak cocok untuk jika Anda hobi surfing. Namun apabila Anda suka melakukan diving, snorkeling dan berenang maka blue bay wajib menjadi destinasi berlibur Anda berikutnya.

Nah, itulah 7 Wisata Terfavorit Di Kota Banyuwangi yang bisa Anda jadikan tempat berlibur alternatif selain Bali.