7 Wisata Terfavorit di Banten

by
Nusantara   260 views

7 Wisata Terfavorit di Banten – Banten merupakan daerah paling barat pulau Jawa yang memiliki banyak tempat wisata seru nan indah, yang bisa anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta dan kota besar lain, membuat kota Banten menjadi salah satu  tujuan berlibur, yang tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat hari libur tiba. Nah, ini dia, 7 obyek wisata favorit di Banten yang tak boleh anda lewatkan, saat berlibur ke sana.

 

Rekomendasi Daftar 7 Wisata Terfavorit di Banten :

 

  1. Arung Jeram Ciberang

Obyek wisata terfavorit Banten yang pertama adalah Arung jeram Ciberang. Jika anda mencari tempat wisata dengan pemandangan indah yang dapat mengembalikan mood sekaligus memacu adrenalin anda, maka anda  wajib berkunjung ke tempat ini. Terutama jika anda adalah penggemar olahraga air, arung jeram.

Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang Banten

Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang Banten Via FB Melly Chixal

Arung jeram Ciberang ini berada di kawasan sungai Ciberang yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sungai ini memiliki lebar 50 meter. Saat berarung jeram, anda akan disuguhi pemandangan berbagai macam pohon yang tumbuh di tepi sungai, tebing yang unik, juga berbagai macam jenis bebatuan.

 

Untuk arung jeram, disana tersedia beberapa paket arung jeram dengan jarak tempuh 10 Km sampai 25 Km.fasilitas yang disediakan meliputi welcome drink, kelapa muda, sertifikat, snack dan asuransi dengan harga berkisar antara Rp.125.000,- sampai Rp.370.000,- per orang.

 

  1. Rawa Dano

Rawa Dano merupakan cagar alam yang menjadi salah satu hutan air tawar terbesar yang ada di pulau  Jawa. Terletak 15 km arah Barat dari Kota Serang, tepatnya di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Banten. Cagar alam ini masuk ke dalam 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Mancak dan Kecamatan Padarincang.

Wisata Rawa Dano Banten

Wisata Rawa Dano Banten Via FB Visit West Java

Anda dapat masuk dan menikmati keindahan pemandangan di Rawa Dano dengan gratis. Namun sebelum kesana, ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan pegawai Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Serang sebagai pihak pengelola Rawa Dano, karena lokasinya sulit dan tidak ada penunjuk arah sehingga sangat mungkin, bisa membuat anda tersesat.

BACA JUGA  Ini Nih Nasi Goreng Mantap Di Jogja Harus Kalian Coba

 

  1. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau kecil di ujung barat pulau Jawa yang dahulunya merupakan wilayah konservasi dan cagar alam dengan luas 700,35 Ha, kemudian diubah menjadi wisata perairan dengan luas 720 Ha.

Wisata Pulau Sangiang Serang

Wisata Pulau Sangiang Serang Via FB Djurdjis Adi Djaya

Pantai yang masih alami dengan pasir putih plus air laut yang biru jernih ini menjadi lokasi favorit penggemar diving, sebab memiliki keragaman jenis ikan dan beraneka terumbu karang yang jarang dimiliki obyek wisata lain.

 

  1. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan sebuah bangunan masjid yang terletak di Desa Banten Lama, Kecamatan Kaseman, jaraknya sekitar 10 Km dari Kota Serang. Masjid Agung ini menampilkan kemegahan dan keindahan arsitektur yang terlihat sangat khas. Konon, arsitek pertama Masjid Agung ini adalah Raden Sepat yang merupakan seorang arsitek dengan latar belakang budaya Majapahit. Arsitektur kedua adalah Cek Ban Su dari Tiongkok. Pengaruh Cek Ban Su terhadap masjid ini dapat terlihat dari atap masjid yang berbentuk seperti pagoda.

Lokasi Wisata Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten Via FB Auliya keren

Selain itu, terdapat menara yang berbentuk seperti mercusuar yang digagas oleh Hendrik Lucaz Cardeel, seorang arsitek dari Belanda. Dia juga membangun sebuah tiyamah yang merupakan sejenis paviliun bertingkat dengan gaya khas Belanda kontemporer yang berfungsi sebagai tempat pertemuan penting. Sekarang tiyamah tersebut beralih fungsi menjadi museum dilengkapi benda-benda peninggalan bersejarah.

BACA JUGA  Inilah Beragam Kuliner Favorit Khas Lombok Yang Perlu Anda Coba

 

  1. Pantai Anyer

Pantai ini bisa dibilang yang terpopuler di Banten. Lokasinhya di kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Untuk mengunjungi pantai ini, anda harus menempuh jarak 38 Km dari pusat Kota Serang.

7 Wisata Terfavorit di Banten

Anda bisa melakukan banyak kegiatan menarik disini seperti berenang, bermain pasir pantai  menikmati sunset ataupun sunrise. Selain itu anda juga bisa melakukan snorkeling dan surfing.

 

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah kawasan taman nasional yang letaknya berada di ujung barat pulau Jawa, tepatnya di kecamatan Sumur dan Cimanggu kabupaten Pandeglang provinsi Banten. Pada tanggal 1 Februari tahun 1992, UNESCO menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site.

Taman Nasional Ujung Kulon

Gerbang Taman Nasional Ujung Kulon Via FB Morista Latersia Tarigan

Hewan yang dilindungi di taman nasional ini adalah badak jawa yang populasinya terancam punah. Disana anda dapat melihat alam yang terjaga, vegetasi yang tumbuh dengan bebas serta pantai indah yang membuat anda akan melupakan kepenatan aktifitas sehari-hari. Di beberapa spot tertentu anda dapat melihat satwa-satwa liar yang hidup bebas.

 

  1. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah pantai yang terletak di di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Di pantai ini, anda akan menjumpai pemandangan gunung dan air laut yang jernih kebiruan. Banyak orang yang suka liburan ke Pantai Sawarna karena pemandangan pantai yang sangat indah dan masih terbilang begitu alami.

Pantai Sawarna Via FB Bayu Pamungkas

Pemandangan alami dari Pantai Sawarna juga disajikan dengan kokohnya batu karang berukuran besar. Keberadaan batu karang tersebut terletak di pinggir laut maupun di tengah laut yang cocok anda jadikan background saat berfoto. Oya, saat kesana, jangan pulang sebelum matahari terbenam, sebab momen saat matahari terbenam di pantai sawarna sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Nah, itulah diatas 7 Wisata Terfavorit di Banten yang bisa menjadi destinasi untuk anda kunjungi bersama teman maupun keluarga anda.