7 Tempat Wisata Terfavorit Di Papua Yang Mendunia

by
Nusantara Papua   232 views

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Papua Yang Mendunia – Sebagaimana yang kita ketahui, Papua merupakan pulau yang berada paling timur di Indonesia. Dan bukan rahasia lagi, di pulau ini terdapat banyak keindahan alam yang tak akan habis untuk dinikmati. Mulai dari keindahan daratan, lautan, maupun surga di bawah lautnya. Selain itu, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih dijaga hingga kini.

Tak heran jika banyak traveler yang mengidamkan liburan ke pulau ini. Nah, bila anda berencana ke Papua, berikut rekomendasi 7 wisata terfavorit di Papua yang tak boleh anda lewatkan. Apa saja kira-kira?

Daftar 7 Tempat Wisata Terfavorit Di Papua Yang Mendunia :

  1. Danau Sentani

Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua. Luasnya 9.360 hektar, membentang di kota Jayapura hingga ke wilayah kabupatennya pada ketinggian 75 mdpl. Kawasan danau Sentani berada di bawah lereng pegunungan cagar alam Cycloops. Letaknya sekitar 50 Km dari pusat kota Jayapura.

Lokasi Wisata Danau Sentani Papua

Lokasi Wisata Danau Sentani Papua via FB Ilham Huznul

Danau Sentani merupakan danau vulkanik yang airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil yang bermuara pada 1 sungai yaitu Jaifuri Puay. Perlu diketahui, terdapat sekitar 30 spesies yang menghuni Danau Sentani, 4 diantaranya adalah endemik Danau Sentani yaitu ikan pelangi Sentani, ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi merah dan hiu gergaji. Berkunjung ke danau ini, anda bisa menikmati segarnya air danau serta menikmati pemandangan menghijau bak surga.

 

  1. Taman Nasional Lorentz

Luas wilayah taman nasional ini adalah 2,4 juta hektare, dengan luas tersebut membuat taman nasional ini masuk menjadi salah satu taman nasional terbesar yang ada di asia tenggara. Bahkan, di tahun 1999 lalu, UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai situs warisan dunia.

Taman Nasional Lorentz di Papua Via FB Arkian Damaris Kwan

Taman Nasional Lorentz yang terletak di 3 kabupaten di Papua yaitu Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Merauke serta Propinsi Papua Barat di Kabupaten Fak-Fak. Disini terdapat keanekaragaman hayati yang merupakan ekosistem terlengkap se-asia pasifik. Kawasan ini juga termasuk salah satu dari 3 kawasan yang mempunyai gletser di daerah tropis.

  1. Taman Nasional Wasur
BACA JUGA  7 Obyek Wisata Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya

Taman Nasional Wasur memiliki luas 413.800 hektar, 70% wilayahnya terdiri dari padang sabana, lalu vegetasi lainnya adalah hutan rawa, hutan monsoon, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan sagu.

Taman Nasional Wasur Via FB Sonny Jackson BirdsConservation

Keragaman hayati yang ada di Taman Nasional Wasur membuatnya dijuluki “serengeti papua”. Ditemukan kurang lebih 390 jenis burung di kawasan ini oleh WWF, membuatnya menjadi wilayah paling kaya akan jenis satwa burung. Bukan hanya itu, terdapat 80 jenis mamalia juga disana, 20 diantaranya merupakan satwa endemik.

 

  1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Papua Barat. Untuk mencapai wilayah tersebut, anda harus terlebih dahulu menuju ke Sorong. Kemudian anda dapat menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar 2 kali sehari menuju ibukota Kabupaten Raja Ampat, Wakai.

Raja Ampat Via FB Rully Kustandar

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang. Meskipun demikian Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yaitu pulau misool, pulau waigeo, pulau batanta dan pulau salawati.

 

Wilayah perairan Raja Ampat termasuk dalam 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini berdasarkan berbagai penelitian kekayaan flora fauna dan kelestarian alam laut di Raja Ampat. Menurut hasil penelitian badan konservasi internasional, perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Hmm, mengagumkan bukan?

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Blitar

 

  1. Puncak Jaya

Puncak Jaya merupakan puncak dari gunung tertinggi di Indonesia, Jayawijaya, dengan ketinggian 4.884 mdpl, dimana salju abadi menutupi tempat tersebut. Keindahan puncak jaya lebih dikenal oleh para pendaki sebagai piramida carstenzyang sangat fenomenal.

 

Berada di puncak jaya merupakan impian para pendaki. Namun untuk menuju kesana tidaklah mudah. Anda harus benar-benar menyiapkan fisik. Anda wajib mengantongi surat ijin dari pemerintah yang berwenang. Hal ini karena medan yang akan anda tempuh tidak hanya lama namun juga sulit. Membutuhkan waktu berhari-hari dengan cuaca yang ekstrim.

 

  1. Pulau Rumberpon

Pulau ini terletak di teluk Wondama di selatan kabupaten Manokwari. Pulau Rumberpon memiliki suasana yang tenang baik di pulau maupun air lautnya. Anda akan merasakan sensasi seperti berada di pulau pribadi.

Pulau Rumberpon Via FB Kent Sro Planologi Ustj

Aktivitas yang dapat anda lakukan disini selain bersantai adalah snorkeling, menyelam, bermain ski air hingga memancing. Pulau ini memiliki biota laut yang masih sangat alami. Terumbu karang tumbuh dan tersebar hampir di sekeliling pulau. Hal ini memungkinkan anda untuk memilih spot bersantai sambil diving mengasyikkan.

 

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki sejarah oceanographic yang sangat penting serta struktur geologi yang unik. Tempat ini memiliki terumbu karang yang luas dengan kualitas terbaik di dunia.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih Via FB Indo-Hitz

Berada di 5 wilayah dari 2 provinsi yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Yapen serta Waropen di provinsi Papua. Penduduk sekitar sering memanfaatkan sumber daya laut disini sebagai sumber kehidupan mereka.

 

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan surga bagi para penikmat wisata bahari dan bawah laut internasional. Disini hiu paus sering muncul ke permukaan dan berinteraksi dengan para nelayan.

 

Nah, demikianlah  diatas 7 Tempat Wisata Terfavorit Di Papua Yang Mendunia Dan wajib anda kunjungi. Menarik bukan? selamat berlibur.