7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo

by
Nusantara Solo   111 views

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo – Kota Surakarta atau yang lebih populer dengan sebutan Solo merupakan Kota yang memiliki banyak destinasi wisata, dan tentunya juga kaya akan aneka kuliner khasnya. Jadi, untuk anda yang bingung dalam merencanakan liburan, sangat kami sarankan menjadikan Solo tujuan berlibur anda.

Dan tak perlu bingung mau berkunjung kemana, karena berikut kami telah pilihkan 7 tempat wisata terfavorit di Kota Solo yang  bisa anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman anda.

Obyek Wisata Terfavorit di Kota Solo

  1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan sebuah kompleks taman yang berada di Kecamatan Lawiyan, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Tepatnya  di jalan Brigjend Slamet Riyadi Nomor 275.

Lokasi Taman Sriwedari Kota Solo

Taman Sriwedari ini menjadi tempat diselenggarakannya tradisi hiburan Malam Selikuran sejak era Paku Buwono X. Perlu diketahui, Taman Sriwedari dibangun oleh Paku Buwono X yang merupakan adik ipar KRMT Wirjodiningrat.  Taman Sriwedari buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Untuk tiket masuknya anda cukup membayar 7 ribuan saja.

  1. Pasar Malam Ngarsopuro Solo

 Pasar malam Ngarsopuro adalah pasar malam yang rutin diselenggarakan setiap malam minggu sejak tahun 2009 saat Presiden Joko  Widodo masih menjabat  sebagai walikota Solo pada saat itu. Sampai sekarang pasar malam Ngarsopuro masih rutin digelar.

Pasar malam Ngarsopuro diselenggarakan di depan Pura Mangkunegaran sepanjang city walk kawasan pasar Windujenar Ngarsopuro. Tepatnya di jalan Diponegoro, Solo.  Jika anda ingin berkunjung kesana, pasar malam ini buka setiap malam minggu pukul 19.00 sampai 21.00. Tiket masuknya gratis.

  1. Museum Batik Danar Hadi

Berawal dari keinginan H. Santosa Doellah (pengusaha pribumi) untuk melestarikan batik, akhirnya didirikanlah museum batik di Kota Solo. Museum ini bernama Museum Batik Danar Hadi. Museum yang didirikan sejak tahun 1967, berlokasi di jalan utama Kota Solo, jalan Slamet Riyadi.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Lampung
Wisata Museum Batik Danar Hadi Kota Solo

Koleksi batik yang ada di museum ini merupakan kualitas terbaik dari berbagai daerah seperti batik China, batik asli keraton, batik Jawa Hokokai (batik yang terpengaruh oleh kebudayaan Jepang), batik pesisir (Kudus, Lasem dan Pekalongan), batik Sumatera dan berbagai jenis batik lainnya. Museum ini dicatat oleh MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak, yaitu mencapai 1000 helai.

Jika anda berkunjung ke museum ini, anda dapat melihat proses pembuatan batik bahkan bisa mengikuti workshop pembuatan batik secara langsung.  Cukup membayar biaya masuk Rp.35.000,- untuk umum dan Rp.8.000,- untuk pelajar. Museum ini buka dari jam 09.00sampai pukul 16.30.

  1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta adalah sebuah kerajaan Jawa yang memerintah beberapa abad yang lalu, sekarang menjadi ikon Kota Solo. Kerajaan ini bernama Keraton Kasunanan. pada tahun 1744 Keraton ini didirikan oleh Sunan PB II sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat Geger Pecinan pada tahun 1743. Luas area keraton sekitar 54 are dengan banyak koleksi patung, senjata juga pusaka kerajaan.

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo

Keraton ini terletak di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Keraton ini dibuka dari jam 09.00 sampai jam 14.00 pada hari Senin sampai Kamis, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu dibuka sampai jam 14.00.

  1. Taman satwa Taru Jurug

Taman satwa taru jurug didirikan sejak tahun 1870-an oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi binatang dan tumbuhan. Awalnya koleksi binatang disana sangat sedikit, namun seiring berjalannya waktu taman satwa taru jurug ini juga mengembangkan fasilitas yang ada juga menambah koleksi binatang yang ada.

BACA JUGA  Inilah 7 Daftar Obyek Wisata Paling Favorit di Surabaya

Harga tiket masuk Rp 6.000 untuk hari biasa dan Rp 7.000 untuk hari libur. Jika ada ingin berkeliling dengan menunggang kuda ataupun gajah, maka anda bisa menyewanya dengan harga Rp 7.000. biaya tersebut tidak termasuk biaya parkir.

  1. Museum Radya Pustaka

Museum ini terletak di Jalan Slamet Riyadi, tidak jauh dari Taman Sriwedari. Museum yang merupakan museum tertua yang ada di Indonesia ini didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890.  Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan kediaman seorang warga negara Belanda yang bernama Johannes Busselaar. Karena itu, museum ini pun memiliki nama lain yaitu Loji Kadipolo.

Tata ruang museum ini pun tidak seperti museum pada umumnya, karena awalnya bangunan ini merupakan hunian. Bentuk bangunan asli tetap dipertahankan, dengan hanya mengubah beberapa bagian, seperti menghilangkan kamar mandi untuk mendapatkan ruang pamer yang lebih luas. Jam operasional Museum Radya adalah jam 08.30 WIB sampai jam 13.00 WIB dari Hari Selasa sampai dengan Hari Minggu.

  1. Pasar Klewer

Rasanya kurang jika anda ke Solo tanpa membawa oleh-oleh berupa batik. Nah, pasar klewer merupakan tempat yang pas untuk anda berbelanja batik dengan harga terjangkau. Pasar Klewer terkenal sebagai salah satu pusat grosir batik terbesar di Indonesia. Bangunan pasar sudah ada sejak tahun 1942, terletak di Jalan Dr. Radjiman dan resmi menjadi pusat perdagangan setelah diresmikan oleh Presiden RI kedua, Soeharto pada 1971.

 

Nah, itulah diatas 7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo, semoga bisa menjadi referensi anda dalam menentukan tujuan berlibur yang mengasyikkan.