7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Samarinda

by
Nusantara Samarinda   256 views

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Samarinda – Samarinda merupakan salah satu kota paling ramai di Kalimantan Timur selain kota Balikpapan. Kota ini juga identik dengan kain tenunnya, yang sudah terkenal diseluruh Indonesia. Dan faktanya bukan itu saja kelebihan kota Samarinda, banyak sekali tempat wisata seru dan menarik yang juga bisa dinikmati di kota ini. Nah, apa saja kira-kira obyek wisata menarik di kota Samarinda ini?

Inilah Rekomendasi 7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Samarinda yang bisa anda kunjungi :

 

  1. Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun Pinang Seribu merupakan air terjun yang terletak di kawasan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Samarinda. Namun sayangnya akses jalan menuju tempat wisata ini kurang baik sehingga sulit dilalui.

Tempat wisata air terjun Pinang Seribu ini menyediakan fasilitas permainan seperti flying fox, sepeda air dan lain sebagainya. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini hanya Rp.5.000,- saja. Untuk parkir sepeda motor anda akan ditarik biaya sebesar Rp.1.000,- dan Rp.3.000,- untuk mobil. Jika ingin bermain sepeda air, anda cukup membayar Rp.15.000,- lalu anda bisa membayar Rp.10.000,- untuk memancing sepuasnya.

  1. Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah memiliki air yang sejuk dan alam yang asri. Air terjun ini berlokasi di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarida Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Dari pusat kota Samarinda jaraknya sekitar 14 Km. tersedia kendaraan umum dengan tarif terjangkau untuk menuju kesana.

Air terjun ini sekitar 15 meter. Keunikan dari air terjun Tanah Merah adalah warna airnya berwarna coklat kemerahan. Saat berada di atas, warna airnya jernih, namun begitu meluncur ke bawah warnanya berubah.

  1. Desa Budaya Pampang
BACA JUGA  7 Tempat Wisata Favorite Di Lombok

Pampang merupakan sebuah daerah di Sei Siring yang masuk ke dalam wilayah Samarinda, Kalimantan Timur. Pampang adalah kawasan wisata adat dayak yang berada di jalan Poros Samarinda-Bontang Km 5.

Disana anda bisa melihat kehidupan suku Dayak juga mengunjungi rumah lamin dengan hanya membayar sebesar Rp.25.000,-. Anda juga bisa menyewa baju adat suku Dayak lengkap dengan mengeluarkan kocek Rp.25.000 saja.

  1. Kampung Tenun

Kampung Tenun adalah sebuah sentra pengrajin sarung tenun khas Samarinda yang berada di Samarinda Sebrang, tepatnya di Gang Pertenunan dengan deretan rumah panggung yang dibangun di area bekas rawa dan pinggir Sungai Mahakam.

Sejak dicanangkan sebagai kawasan wisata nasional, tempat ini mulai dibenahi dalam segala aspek baik itu aspek infrastruktur, fasilitas umum, sarana prasarana serta masyarakatnya sendiri. Akses jalan menuju ke Kampung Tenun sudah diperbaiki dengan proyek semenisasi yang dilaksanakan pada tahun 2013. Rumah tua yang menjadi ikon Kampung Tenun sudah berubah menjadi cagar budaya yang bisa dikunjungi para wisatawan.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman rekreasi Lembah Hijau berjarak sekitar 15 Km dari pusat kota Samarinda. Obyek wisatayang satu ini adalah perpaduan antara wisata alam dan modern. Di taman rekreasi Lembah Hijau, anda bisa menikmati acara memancing yang sejuk di bawah pohon-pohon yang rindang.

Ada fasilitas camping ground, outbond serta berbagai wahana permainan seperti waterbomb, flying fox dan lain sebagainya.

  1. Kebun Raya Unmul

Mulanya, Kebun Raya Unmul merupakan kawasan milik CV. Kayu Mahakam. Pada tahun 1974, wilayah seluas 300 hektarĀ  yang berada di gunung kapur diserahkan kepada rektor rektor Universitas Mulawarman yang kemudian dijadikan kawasan Hutan Konservasi, tempat kegiatan penelitian, dan tempat berkumpulnya mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul). Pada tahun yang sama, kawasan tersebut diresmikan menjadi hutan pendidikan.

BACA JUGA  7 Obyek Wisata Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya

Terdapat 24 jenis satwa yang ada disini, diantaranya merupakan satwa dilindungi. Flora yang terdapat di tempat ini juga cukup banyak, terdiri dari pepohonan dan bunga seperti anggrek hitam. Beberapa tanaman yang sudah jarang ditemui dimasukkan di museum untuk edukasi, sebagian lainnya ditanam di lokasi.

  1. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung adalah sebuah obyek wisata yang menawarkan keindahanalam pulau kalimantan. Tempat ini memiliki beberapa air terjun yang besar dan berada di beberapa titik. Benturan dari air terjun pada permukaan tanah dibawahnya yang menyebabkan terbentuknya sebuah telaga yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Telaga Permai Batu Besaung merupakan tempat yang cocok untuk berkemah jika anda ingin berkemah di daerah ini. Tempat ini menyediakan suasana yang tenang, jauh dari kebisingan kota.

Jarak kawasan Telaga Permai Batu Besaung dengan pusat Kota Samarinda relatif dekat, hanya sekitar 15 Km. Karena lokasi Telaga Permai Batu Besaung yang berada ditengah kota, jadi fasilitas jalan untuk menuju kesana akan terlihat mulus. Anda dapat menemukan sebuah tambak ikan dan peternakan ayam pada sisi jalanan dekat dengan lokasi Telaga Permai Batu Besaung. Disana terdapat lahan parkir yang disediakan untuk anda yang membawa kendaraan pribadi.

Demikian 7 wisata terfavorit di Kota Samarinda.Nah, diantara tempat wisata yang kami ulas diatas, mana yang paling anda minati? Atau menyukai semuanya?