7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Blitar

by
Blitar Nusantara   234 views

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Blitar – Ingin berlibur tapi takut pengeluaran membengkak? Coba kunjungi 7 wisata terfavorit di Kota Blitar berikut ini agar Anda tetap bisa berlibur tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Jangan salah, meskipun Blitas hanya kota kecil, namun di sini banyak sekali wisata alam yang memiliki keindahan memukau. Berikut beberapa diantaranya:

Obyek Wisata Favorit di Kota Blitar

  1. Pantai Pasur

Berjarak 32km dari kota Blitar, tepatnya di desa Bululawang, kecamatan Bakung. Pantai Pasur memiliki pasir berwarna hitam. Pantai ini indah ini belum terlalu dikenal oleh wisatawan dari luar Blitar sehingga lumayan sepi pengunjung. Tentunya hal ini justru kabar baik, khususnya bagi Anda yang tidak menyukai keramaian dan menyukai laut, dengan suasana indah nan romantis.

Lokasi Pantai Pasur Di Blitar

Jika berencana mengunjungi pantai ini Anda harus menyiapkan fisik dengan sebaik-baiknya, karena jalan aspal yang berlubang dan berbatu cukup menyusahkan para wisatawan yang akan berkunjung.

  1. Curug Badrun

Jika Anda ingin bermain air tetapi tidak ingin terpapar sinar matahari, maka berlibur ke Curug dan Kedung Badrun bisa menjadi pilihan Anda. Lokasinya berada di dusun Bakung, desa Bakung, kecamatan Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Lokasi Curug Badrun Di Blitar

Curug dan Kedung Badrun ini cocok untuk Anda yang ingin mencari kesegaran alam dengan berenang atau sekadar merendam kaki ke dalam air.

  1. Gua Embultuk

Jika Anda sudah sering pergi berlibur ke pantai, air terjun atau sungai, cobalah destinasi wisata yang berbeda seperti gua. Salah satu gua yang ada di Blitar yang bisa menjadi destinasi Anda adalah gua Embultuk.

Gua Embultuk berada lokasi detailnya berada di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, Blitar Jawa Timur. Pesona stalaktit dan stalagmit akan membuat Anda merasakan hal yang belum pernah Anda rasakan dan dijamin Anda akan betah berlama-lama di sana. Konon, menurut informasi warga sekitar, dulunya gua ini digunakan sebagai tempat bersembunyi PKI yang bermukim di kawasan Blitar.

  1. Penangkaran Rusa Maliran
BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Lampung

Ingin tahu rasanya menyentuh dan memberi makan rusa? Kunjungilah penangkaran rusa Maliran. Destinasi ini, berada di desa Jatilengger, kecamatan Ponggok, Blitar,Jawa Timur.

Selain dapat menyentuh dan memberi makan para rusa, tentu saja Anda juga dapat berfoto bersama mereka.  Harga tiketnya relatif murah yaitu sekitar 5-10 ribu rupiah saja.

  1. Candi Penataran

Anda menyukai destinasi wisata yang mirip dengan Borobudur atau Prambanan? Nah, jika anda di Blitar, maka candi Penataran wajib dikunjungi. Candi Penataran merupakan candi Hindu yang berdiri sejak zaman kerajaan Kediri sampai Majapahit. Konon candi ini merupakan candi yang paling megah di Jawa Timur.

Lokasi Candi Penataran Blitar

Berlokasi di desa Penataran, kecamatan Nglegok, Blitar, Jawa Timur tepatnya di baratdaya gunung Kelud atau sekitar 12 KM dari pusat kota Blitar.

Harga tiket masuk ke Candi Panataran tidak sampai 20 ribu rupiah. Selain tiket masuk Anda harus membayar biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor kurang lebih 5,000 rupiah sedangkan parkir mobil 10.000 rupiah.. Namun harga tersebut tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas umum yang terdapat di candi ini adalah kamar mandi dan toilet, selain itu di sekeliling candi, banyak sekali pedagang makanan ataupun penjual pernak-pernik khas Blitar. Jadi, jika saat berkeliling melihat candi tiba-tiba Anda ingin buang air atau lapar, maka tidak perlu repot-repot untuk mencari kamar mandi umum dan tempat makan.

  1. Gunung Butak

Hobi mendaki gunung? Jika Anda memiliki hobi mendaki gunung maka Anda bisa memilih gunung Butak sebagai tujuan pendakian Anda selanjutnya. Gunung ini memiliki tinggi 2.868 meter di atas permukaan air laut.  Untuk menuju ke puncak gunung Butak Anda bisa melalui beberapa jalur pendakian seperti Sirah Kencong dan Panderman.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Solo
Puncak Gunung Butak Di Blitar

Setelah sampai di puncak Anda bisa melihat gunung lain seperti gunung Semeru dan gunung Lawu. Gunung ini disarankan untuk mereka yang sudah terbiasa mendaki, atau setidaknya sudah punya pengalaman mendaki satu atau dua gunung sebelumnya. Jika Anda belum pernah mendaki dan baru akan mendaki, sebaiknya jangan jadikan gunung ini dulu, kecuali jika Anda merasa yakin bahwa fisik Anda benar-benar mampu.

  1. Air Terjun Tirto Galuh

Air terjun Tirto Galuh berada di Kedung Malang tepatnya desa Sidomulyo, kecamatan Bakung, Blitar, Jawa Timur. Di air terjun cantik ini terdapat batu yang meliuk-liuk, sehingga terlihat tampak indah dilihat dari bawah.

Bebatuan-bebatuan yang terdapat di sungai sekitar air terjun membuat aliran air sungai membentuk bak air terjun mini. Air terjun ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur di tempat yang asri dan segar. Dinginnya air di sekitarnya tentu saja akan menggoda setiap orang yang berasal dari kota-kota dengan suhu udara tinggi. Anda bisa berendam dan berenang di sekitar air terjun

Di sekitar air terjun Tirto Galuh ini terdapat wahana flying fox dan fasilitas umum seperti kamar mandi dan warung makan. Selain itu di dekat sana juga tersedia mushola sehingga bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir bila nanti terlambat menjalankan ibadah sholat.

Nah, itulah diatas deretan 7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Blitar. Anda tertarik mengunjungi yang mana?