7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Banjarmasin

by
Banjarmasin Nusantara   109 views

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Banjarmasin – Jika Anda mendengar Banjarmasin, apa yang Anda pikirkan? Jika jawabannya adalah pasar terapung, maka Anda sudah menjawab dengan benar. Memang selama ini Banjarmasin begitu identik dengan pasar tradisionalnya yang berada di atas air.

Wajar saja, jika salah satu kota di pulau Kalimantan ini berjuluk ‘Kota Seribu Sungai’, karena faktanya di sini dilalui oleh banyak sungai, dari yang kecil sampai yang besar, seperti Sungai Martapura dan Sungai Barito. Nah, bicara mengenai Banjarmasin, berikut kami bagikan deretan wisata terfavorit di kota Banjarmasin yang kami rekomendasikan untuk anda.

Obyek Wisata Menarik, Terfavorit di kota Banjarmasin

Pantai Joras

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di Pantai Joras, Anda bisa sejenak untuk bersantai, menikmati hamparan pasir pantai yang terbentang luas, atau melihat keindahan Pantai Joras dari ketinggian menara mercusuar yang indah. Namun, bagi Anda yang ingin melihat pantai ini dari menara mercusuar, Anda harus berhati-hati. Kenapa? Karena menara mercusuar ini tak dilengkapi pelindung atau pengaman tubuh yang sesuai standart.

Pasar Terapung

Tak lengkap jika kita tak membahas Banjarmasin, tanpa embel-embel pasar terapung. Seperti yang Anda tahu, Pasar Terapung menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Pasar ini ada untuk proses jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang akan mengapung. Sekarang ini, pasar terapung sudah menjadi salah satu dari sekian tempat wisata di kota Banjarmasin yang sangat diminati para wisatawan.

7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Banjarmasin

Satu dari sekian pasar terapung yang populer di Banjarmasin yakni yang berada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Pasar Terapung diperkirakan ada sejak 400 tahun yang lalu. Barang yang dijual pun sangat beragam mulai dari makanan, busana sampai hasil kebun. Agar dapat menyaksikan kegiatan di Pasar Apung, Anda harus datang di pagi hari karena pasar ini hanya berlangsung di pagi hari saja, yaitu mulai dari jam 05:00 sampai jam 07:00 pagi.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Favorite Di Lombok

Museum Wasaka

Museum Wasaka mempunyai akronim Kaputing hingga Waja. Museum satu ini terletak di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin bagian Utara. Dengan hamparan rumput hijau hingga kokohnya Jembatan Banua Anyar yang mengapit kawasan Museum Wasaka. Wisatawan dapat menyaksikan jejak-jejak perjuangan rakyat Kalimantan Selatan saat melawan penjajah Belanda.

Museum ini telah menyimpan sekiranya 400 benda bersejarah. Seperti,  peralatan memasak zaman perang, senjata tradisional, senapan angin dari bahan kamera, kayu, radio, mesin ketik, dan tas kuno. Selain itu, Anda dapat melihat berbagai lukisan yang menceritakan perjuangan rakyat saat berperang melawan penjajah Belanda.

Taman Maskot

Seperti namanya, wisata kali ini akan memperkenalkan dua maskot utama Banjarmasin yakni pohon kasutri dan bekantan. Di pintu gerbang, nantinya akan disambut dengan patung bekantan seukuran manusia dewasa. Tak jauh dari belakang, terdapat patung pohon kasturi dengan berbagi monyet yang bergelantungan.Di sebelah kanan gerbang masuk, terdapat rumah tanaman yang berisi banyak lidah buaya, kaktus dan beberapa jenis tanaman lain dalam sebuah pot.

Taman Maskot Banjarmasin

Taman inisudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, mushola, lahan parkir, bangku-bangku taman, warung makan hingga arena untuk bermain anak.Wisata Taman Maskot berada di pusat kota Banjarmasin, tepatnya di Jalan H. Djok Mentaya.

Pulau Kembang

Sebenarnya, Pulau Kembang adalah sebuah sungai atau endapan yang terletak di tengah Sungai Barito. Tepatnya terletak  di Pulau Alalak, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Yang lebih unik, tempat wisata Pulau Kembang akan menjadi habitat para monyet hingga berbagai jenis burung. Menurut masyarakat setempat, di Pulau Kembang ada seekor monyet besar yang termasuk raja monyet.

BACA JUGA  Wisata Unik Di Bali Ini Jangan Sampai Terlewat Anda Kunjungi

Oleh karena itu, jangan pernah mengganggu setiap monyet  yang  berada Pulau Kembang,jika tak ingin berurusan dengan Si Raja Monyet tersebut. Sangat dianjurkan supaya Anda jauh lebih berhati-hati saat menjaga barang bawaan Anda. Walaupun monyet-monyet ini tampak lucu dan menggemaskan, namun mereka pun kerap mengusuli para wisatawan. Jadi, sebaiknya Anda jauh lebih waspada.

Pusat Kuliner Banjarmasin

Jika Anda penasaran dengan kuliner Banjarmasin, maka Anda dapat mecobanya. Terdapat pusat kuliner yang memenuhi tepi Sungai Martapura ini yang menjadi destinasi para wisatawan. Selain bisa menikmati berbagai makanan beserta jajan tradisional, Anda pun akan dimanjakan dengan panorama sungai yang jernih dan pepohonan hijau. Selain itu, Anda bisa menyusuri sungai dengan cara menyewa kapal kelotok terlebih dahulu.

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini kerap disebut dengan Masjid Kuin karena terletak di Kelurahan Kuin Utara. Masjid Kuin konon dibangun pada tahun 1526 sampai 1550, dan bisa dibilang merupakan masjid tertua di kota Banjarmasin.

Lokasi Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin

Masjid Kuni memiliki bentuk, khas kota Banjarmasin, seperti rumah panggung dengan ukiran khas Kalimantan Selatan beserta atap tumpang. Selain itu terdapat bagian dari masjid yang tampak seperti Masjid Agung Demak terutama pada area atapnya yang mengerucut dan berundak ke atas.

Itulah diatas beberapa obyek wisata terfavorit di kota Banjarmasin yang tak boleh  anda lewatkan saat berkunjung ke sana.