7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Tulungagung

by
Nusantara Tulungagung   152 views

7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Tulungagung – Tulungagung merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota ini bertetangga dengan kota Blitar dan Kediri. Meski bukan merupakan kota yang besar, tetapi tulungagung memiliki tempat wisata yang beragam. Mulai dari pantai, goa, sungai dan banyak lagi jenis lainnya.

Diantara banyaknya obyek wisata yang ada, berikut kami rekomendasikan 7 obyek wisata terfavorit di kota Tulungagung yang sayang untuk dilewatkan. Mana saja?

Daftar Obyek Wisata Terfavorit di Kota Tulungagung

  1. Pantai Brumbun

Obyek wisata terfavorit di Tulungagung yang pertama adalah pantai Brumbun. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih yang berada di kabupaten Tuluangagung, Jawa Timur. Tepatnya berada di  desa Wonokoyo, kecamatan Tanggung Gunung. Untuk menuju ke pantai Brumbun, Anda perlu menempuh jarak sejauh 35KM dari pusat kota Tulungagung ke arah selatan.

Air lautnya berwarna hijau kebiru-biruan. Bagian yang berwarna hijau adalah ar yang dekat dengan bibir pantai. Sementara air yang berwarna hijau berada di tengah laut. Semakin ke tengah laut, semakin biru airnya.

 

  1. Air Terjun Alas Kandung

Bosan ke pantai? Berlibur ke air terjun bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan seru yang menyenangkan. Salah satu air terjun yang ada di Tulungagung yang bisa Anda kunjungi adalah air terjun Alas Kandung. Beralamat di desa Tanen, kecamatan Rejotangan, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Airnya berwarna biru bening dan terasa begitu segar. Sangat cocok digunakan untuk berenang atau berendam. Bagi Anda yang tidak bisa berenang tetap bisa merasakan kesegaran airnya dengan cara memasukkan kaki ke dalam curugnya. Bila tertarik ke sana, Anda tidak bisa berkunjung setiap saat karena air terjun tersebut hanya dibuka untuk pengunjung mulai pukul 6 pagi hingga 6 petang.

BACA JUGA  Ini Nihh!!! 7 Obyek Wisata Terfavorit Kota Bogor Yang Lagi Hits
Air Terjun Alas Kandung Tulungagung
  1. Gunung Budeg

Ingin mendaki gunung tetapi baru pertamakali? Cobalah mendaki gunung Budeg yang berada di kabupater Tulungagung, Jawa Timur. Gunung ini memiliki tinggi hanya 400 meter di atas permukaan air laut saja. Untuk kalangan profesional, tentu saja ketinggian gunung ini tidak seberapa. Namun tentu sangat tepat bagi Anda yang baru memulai mendaki gunung.

Gunung ini memiliki nama lain gunung Cikrak, jadi bila Anda datang dari luar Tuluangagung dan bertanya pada warga sekitar ke mana arah menuju gunung Budeg tetapi warga tersebut tidak tahu tentang gunung Budeg, coba Anda sebutkan nama gunung Cikrak.

  1. Candi Dadi

Berada di puncak sebuah bukit yang berlokasi di dusun Mojo, desa Wajak Kidul, kecamatan Boyolangu, kabupaten Tulungagung. Candi Dadi merupakan candi yang berdiri pada masa kerajaan Majapahit. Candi ini tidak memiki arca maupun tangga masuk karena merupakan candi tunggal.

Konon candi ini dibangun ketika kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan karena konflik di dalam kerajaan. Para penduduk beragama Hindu dan Buddha yang tidak ingin terseret dan ikut campur di dalam konflik tersebut memilih untuk mengasingkan diri kemudian membangun candi sebagai tempat beribadah. Salah satu candi yang mereka bangun adalah cand Dadi.

  1. Bukit Cemenung

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya yang harus Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan Anda adalah bukit Cemenung. Bukit cemenung berada di desa Tenggong, kecamatan Rejo Tangan. Ada bangunan yang cukup unik di bukit Cemenung. Bangunan tersebut bukanlah candi atau rumah melainkan tungku raksasa.

Tungku raksasa itu dulunya dibangun pada masa penjajahan Belanda dan digunakan untuk membakar batu gamping. Namun, tungku-tungku tersebut bukan didirikan oleh para kolonial. Tungku-tungku tersebut adalah milik pengusaha batu gamping beretnis Tionghoa. Penasaran dengan seberapa besar tungku-tungku tersebut? Segeralah berkunjung ke bukit Cemenung, Tulungagung.

  1. Pantai Kedung Tumpang
BACA JUGA  Tempat Liburan Romantis Di Bali Paling Favorit

Pantai adalah tempat berlibur yang menjadi favorit semua orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jika Anda salah satu pecinta pantai, cobalah untuk mendatangi pantai Kedung Tumpang yang berada di desa dan kecamatan Pucanglaban, kabupaten Tulungagung.

Ada yang berbeda dengan pantai ini. Tidak seperti pantai biasanya yang berpasir, pantai ini berada di dekat tebing batu karang. Pada tebing itu terdapat laguna-laguna yang berbentuk seperti kolam renang. Anda bisa berenengan di laguna-laguna tersebut. Namun berenanglah saat air surut agar tidak tersert ombak meskipun Anda pandai berenag.

Biaya masuk pantai ini gratis, Anda hanya perlu membayar parkir motor sebesar lima ribu rupiah. Apabila ingin ke pantai ini, lebih baik menggunakan sepeda motor karena jalanannya sulit dilalui mobil.

  1. Jurug Tretes

Jurug Tretes adalah sebuah air terjun yang berada di desa Kaligede, kecamatan Pucanglaban. Jurug Tretes belum terlalu terkenal,oleh karena itu apabila Anda hendak ke air terjun ini dan menanyakan arah oleh warga coba bertanya jalan menuju desa Kaligede, kecamatan Pucanglaban.

Setelah sampai di desa tersebut baru tanyakan pada warga sekitar jalan menuju Jurug Tretes. Karena air terjun ini keberadaannya belum terlalu diketahui oleh masyarakat di Tulungagung, sebatas diketahui oleh masyarakat desa Kaligede, hanya ada sedikit papan penunjuk arah ke air terjun ini. Airnya berwarna biru bening. Namun saat hujan airnya akan menjadi keruh.

Itu dia deretan 7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Tulungagung yang kami rekomendasikan untuk anda. Selamat berlibur.