Inilah 7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Magelang

by
Magelang Nusantara   204 views

Aneka Tempat Wisata Menarik Di Magelang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

7 Tempat Wisata Favorit di kota Magelang – Sebagaimana yang kita tahu, kota Magelang tak jauh dari Yogyakarta sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik disana. Masih dengan budaya yang tak jauh beda dengan pusat kota Jogja, Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda bila berkunjung di sekitaran Magelang. Tertarik mencobanya? Nah, berikut 7 tempat wisata terfavorit di Magelang yang kami rekomendasikan.

Berikut ini 7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Magelang Yang Wajib Anda Kunjungi :

  1. Punthuk Setumbu

Untuk Anda yang tertarik menyaksikan matahari terbit yang sangat eksotis, Punthuk Setumbu adalah lokasi terbaik untuk mendapatkan momen tersebut. Sebab dari atas bukit setinggi 400 meter dpl ini, Anda dapat menikmati indah serta magisnya Candi Borobudur di pagi hari.

Inilah 7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Magelang

Anda juga dapat memanjakan mata sejenak untuk memandangi sunrise dari Punthuk Setumbu yang mempesona. Bagaimana cara mendapatkan momen tersebut? Sebaiknya Anda sudah berada di puncak bukit pada pukul 05.00 WIB.  Untuk bisa mengakses puncak bukit, Anda harus melalui jalur pendakian selama 15 menit dari tempat parkir di kaki bukit. Setidaknya Anda harus memulai pendakian minimal 20-30 menit lebih awal sebelum pukul 05.00 WIB.

 

  1. Candi Borobudur

Kepopuleran candi Borobudur memang tak perlu di ragukan lagi. Tak hanya warga lokal saja, candi yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia ini adalah tempat berkumpulnya jutaan umat Budha dari seluruh penjuru dunia untuk merayakan Hari Raya Waisak.

 

Salah satu daya tarik candi ini adalah banyaknya ritual unik yang sering dijalankan. Misalnya momen ketika banyak diterbangkan lampion cantik ke langit. Momen tersebut kerap terekam kamera dan memberikan efek magis bagi siapa saja yang melihat. Namun apapun itu, Candi Borobudur merupakan suatu bangunan melegenda yang megah dengan ornamen pahatan yang artistik, peninggalan masa lampau. Tak heran bila Candi Borobudur selalu dibanjiri wisatawan lokal maupun luar negeri setiap harinya.

BACA JUGA  7 Obyek Wisata Favorit di Kota Jogja yang Sayang untuk Dilewatkan

 

  1. Gereja Ayam dari Udara

Bangunan ini disebut gereja ayam karena bentuknya yang menyerupai ayam dengan mahkota di kepalanya. Padahal sesungguhnya, bangunan ini awalnya dirancang supaya tampak menyerupai burung merpati. Karena bentuknya yang unik, banyak wisatawan lokal maupun asing yang tertarik mengunjunginya.

 

  1. Rumah Kamera

Tidak sulit mencari Rumah Kamera karena dari luar, bangunan tersebut menyerupai sebuah kamera dslr, yang tentunya super besar. Pemilik rumah ini bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Nama panggilannya Pak Tanggol.

Rumah Kamera Kota Magelang

Lalu apa yang bisa Anda saksikan di dalam rumah tersebut? Pak Tanggol merupakan seniman lukisan, dan di sanalah beliau menyimpan karya-karyanya. Rumah Kamera memang sengaja dibuat menjadi galeri lukisan Pak Tanggol.

 

Setelah menikmati hasil karya Pak Tanggol, Anda bisa menuju puncak rumah atau lebih tepatnya pada bagian bangunan berbentuk lensa kamera. Dari sana, Anda bisa melihat sekeliling desa dengan jelas.

 

  1. Ketep Pass

Tertarik mempelajari gunung berapi? Anda perlu mencoba wisata alam Ketep Pass. Tak hanya menjadi sarana edukasi dan penelitian, tempat wisata yang terletak pada lahan 8 ribu meter persegi ini memiliki fasilitas rekreasi yang nggak kalah menghibur. Misalnya vulkano teater yang memutar film documenter tentang ativitas gunung merapi dari tahun ke tahun. Lalu ada gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat Gunung Merbabu dan Merapi, dan lainnya. Anda bisa menambah pengetahuan tentang gunung dengan menyambangi vulkano center ini. Di sana terdapat miniature gunung merapi, dokumen kegunungapian dan contoh bebatuan bukti letusan.

BACA JUGA  Ini Nih Nasi Goreng Mantap Di Jogja Harus Kalian Coba

 

  1. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng ini merupakan taman terbesar yang ada di Magelang. Dengan luas sekitar 27 hektar,  Anda bisa berkeliling dan merasakan rindangnya taman sambil bersantai bersama semua anggota keluarga, terutama anak-anak.

Taman Kyai Langgeng Kota Magelang

Mungkin awalnya Anda akan kagok karena merasa seperti sedang mengunjungi kebun binatang. Sebab di taman ini memang dipelihara beberapa hewan dan tanaman langka. Tak hanya mengenal makhluk hidup langka, Anda dan sekeluarga bisa mencoba rumah joglo, becak air, komedi putar, dan fasilitas pendukung lainnya.

 

  1. Pemandian Air Panas Candi Umbul

Candi Umbul adalah pemandian air panas yang di bangun sejak zaman Wangsa Syailendra. Kata “Umbul” diambil dari Bahasa Jawa yang artinya naik karena sumber air yang muncul selalu disertai dengan adanya gelembung-gelembung yang muncul dari dasar kolam.

Pemandian Air Panas Candi Umbul Kota Magelang

Pada zamannya, kolam permandian ini digunakan hanya untuk putra-putri bangsawan. Namun lain dulu lain sekarang, saat ini masayarakat umum bebas menikmati sepuasnya secara langsung. Kolam ini terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama berupa kolam berisi sumber mata air panas yang mengandung belerang. Sedangkan kolam kedua yang berada di sampingnya merupakan kolam dengan air biasa.

Nah, Itulah 7 Tempat Wisata Favorit Di Kota Magelang yang tentunya wajib dikunjungi saat memutuskan liburan ke kota ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.