7 Tempat Kuliner Favorit Di Yogyakarta

by
Nusantara Yogyakarta   151 views

7 Tempat Kuliner Favorit di Yogyakarta – Saat anda sedang berlibur, tentu kurang rasanya bila anda tidak mencoba kuliner favorit atau tempat makan paling ramai, yang ada di Kota tersebut. Tak terkecuali saat berada di kota Jogja. Di kota yang terkenal akan wisata alam dan budayanya ini, tentu memiliki seabreg hidangan lezat, yang sayang bila dilewatkan.

Galeri Album : Tempat Kuliner Favorit Di Yogyakarta

Nah, untuk anda yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, dan bingung mencari makan enak berikiut 7 tempat kuliner favorit di Yogyakarta yang kami rekomendasikan untuk anda.

Daftar 7 Tempat Kuliner Favorit Di Yogyakarta

  1. Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas yang telah menjadi ikon kuliner di Yogyakarta. Diantara banyaknya warung yang menjual hidangan ini, ada satu warung gudeg yang unik dan sangat terkenal, bernama Gudeg Pawon. Hal yang unik dari gudeg pawon ini ada 2. Pertama, saat ingin membeli gudeg anda harus berdesak-desakkan di dapur sang pemilik, seperti namanya gudeg pawon yang dalam bahasa jawa artinya gudeg dapur. Kedua, gudeg pawon buka tengah malam selama 3 jam saja.

Gudeg Pawon Via FB Itta Kusumadewi

Meskipun buka tengah malam saja, warung gudeg yang telah dirintis oleh bu Prapto Widarso sejak tahun 1958 ini tak pernah sepi pengunjung mulai dari mahasiswa, orang kantoran, pejabat, bahkan artis lokal maupun nasional.

 

  1. Sate Klathak Pak Pong

Kuliner yang satu ini termasuk kuliner yang unik di Yogyakarta. Bagaimana tidak? Sate yang satu unik tidak ditusuk menggunakan tusuk sate layaknya sate pada umumnya. Sate yang satu ini ditusuk menggunakan jeruji sepeda. Sate ini disajikan dengan bumbu yang sederhana. Keunikan lain dari sate klathak Pak Pong, sate ini tidak disajikan dengan bumbu kacang dan kecap seperti sate kebanyakan, namun disajikan dengan bumbu gulai.

Sate Klathak Pak Pong Via FB Arafat Bayu Nugroho

Jika membeli 1 porsi sate klathak Pak Pong, anda akan mendapat 2 tusuk sate dengan nasi putih. Namun jangan salah, potongan daging sate ini besar-besar, bahkan setara dengan 10 tusuk sate pada umumnya. Sate Klathak Pak Pong berlokasi di Jalan Imogiri Timur Km 10 (Timur Stadion Sultan Agung), Bantul Yogyakarta.

BACA JUGA  Tempat Wisata Seru Dan Favorit Di Medan

 

  1. Kalimilk

KaliMilk merupakan tempat beraneka ragam  minum susu dari susu murni sampai berbagai variasi rasa seperti cokelat, strawberry, mocca cookies, karamel, durian, green tea dan lain-lain. Untuk makanan yang tersedia di tempat ini ada roti bakar, sandwich, risol dan lain-lain.

Lokasi kalimilk terletak di Jalan Kaliurang

Disini merupakan tempat nongkrong yang asyik. Lokasi kalimilk  terletak di Jalan Kaliurang KM 6 (sekitar UGM). Bangunannya memiliki 2 lantai dengan Fasilitas yang disediakan adalah  suasana tempat yang nyaman, interior yang keren dan meliliki zona tempat smoking dan no smoking.

 

  1. The House of Raminten

The House of Raminten merupakan rumah makan bernuansa tradisional jawa yang unik di Yogyakarta. Tempat ini terletak di Jalan Faridan Muridan Noto No.7 Gondokusuman, Kota Baru, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The House of Raminten Via FB Agus Kristianto

Keunikan rumah makan ini antara lain ada pada bangunan, interior dan perabot makannya. Aroma dupa yang tercium disana membuat pengunjung lebih rileks, diiringi alunan musik gamelan yang menambah kekentalan suasana khas Yogyakarta di The House of Raminten.

 

  1. Warung Brongkos Bu Padmo

Brongkos merupakan makanan yang terbuat dari tahu, tempe dan kacang tolo yang dipadukan dengan kuah santan kental dan kaldu daging segar. Kuah brongkos berwarna hitam mirip rawon karena menggunakan kluwak.

BACA JUGA  Inilah Tempat Wisata Budaya Yang Paling Favorit Di Bali
Brongkos Warung Ijo bu Padmo Magelang

Warung ini sudah ada sejak sekitar kurang lebih 60 tahun yang lalu. Sebagian orang menganggap tempat ini menyajikan brongkos dengan citarasa terbaik.  Warung ini berlokasi di sebelah timur Pasar Tempel, sekitar 20 km dari Yogyakarta ke arah Magelang.

 

Dulunya warung ini berada di bawah Jembatan Krasak, Tempel, Sleman. Dengan pelanggan yang berasal dari erbagai daerah seperti Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Salatiga karena okasi warung yang memang berada di jalur penghubung antara DI Yogyakarta dengan beberapa kota di Jawa Tengah.

 

  1. Kedai Rakjat Djelata

Lokasinya di Jalan Dr. Sutomo, Lempuyangan, Jogja, kedai ini terbilang cukup strategis. Kedai Rakyat Djelata merupakan tempat makan unik yang menghadirkan kembali masakan djawa tempoe doeloe. Disini anda akan menemukan menu-menu khas djawa kuno lengkap dengan peralatan makannya.

Lokasi Kuliner Enak Kedai Rakjat Djelata Yogyakarta

Image : SLARAHIMURA.COM

Tak hanya itu, dekorasi di kedai ini juga didesain dengan menghadirkan nuansa Jawa jaman dulu. Semua karyawannya menggunakan pakaian ala Jawa yaitu blangkon, kaos singlet putih tipis, dan training (jarik) batik, yang merupakan gaya pakaian pembantu jaman dulu.

 

  1. Tengkleng Gajah

Tengkleng gajah yang dimaksud disini bukanlah tengkleng yang terbuat dari daging gajah. Tengkleng gajah adalah olahan kambing dengan porsi gajah alias besar. Karena hal tersebut maka orang-orang lebih mengenal Warung Sari Roso Mulyo ini sebagai Warung Tengkleng Gajah.

Tengkleng Gajah Via FB Infojogja

Tengkleng gajah dijamin istimewa dari segi cita rasa sebab untuk memasak irisan tulang kambing ini diperlukan waktu sekitar 3 jam. Hal ini selain membuat empuk, juga membuat aneka rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu pun bisa merasuk ke dalam daging.

Itulah 7 Tempat Kuliner Favorit Di Yogyakarta , tak ada salahnya untuk mampir setelah anda puas berjalan–jalan keliling Yogya guna memanjakan perut anda.