7 Tempat Kuliner Favorit di Kota Surabaya

by
Nusantara Surabaya   115 views

7 Tempat Kuliner Favorit di Kota Surabaya – Surabaya merupakan Kota yang dikenal sebagai Kota pahlawan. Kota terbesar kedua di Indonesia ini menjadi salah satu saksi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Bicara mengenai kota Surabaya, tentu banyak hal menarik yang bisa dibahas. Salah satunya terkait kuliner khasnya yang sangat mengundang selera. Nah, untuk anda yang penasara, berikut telah kami rangkum 7 tempat kuliner favorit di Kota Surabaya yang sangat rekomended untuk dikunjungi.

Tempat Kuliner Paling Favorit di Kota Surabaya

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Surabaya. Lontong Balap Garuda Pak Gendut merupakan tempat jual lontong balap yang sudah cukup melegenda, letaknya di Jalan Kranggan, di depan bekas gedung Bioskop Garuda, Surabaya

Lontong Balap ini sudah dirintis sejak tahun 1956 oleh Pak Gendut. Sekarang usaha ini dilanjutkan oleh anak lelakinya, Aris Taufiq. 28 Oktober 2012 twmpat ini pindah ke Jalan Moestopo depan kantor PDAM Surabaya. Sebelumnya, selama berpuluh tahun, lontong balap itu berada di trotoar Jalan Kranggan, tak jauh dari gedung bioskop Garuda. Oleh karena itu dinamakan Lontong Balap Garuda.

 

  1. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk adalah menu andalan dari Surabaya Plaza Hotel yang berada di Jl. Pemuda No. 31-37 Surabaya. Menu ini hasil kreasi dari Executive Food and Beverage Manager Surabaya Suite Hotel, Eko Sugeng Purwanto.

Lokasi Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Nasi Goreng Jancuk Surabaya Image Via FB EventPic

Pada mulanya chef Eko membuat nasi goreng ini untuk teman-temannya, dengan sengaja chef Eko menambah jumlah cabai yang dipakai. Teman-teman chef Eko dengan spontan mengatakan “jancuk pedes cak” setelah mencoba suapan pertama dari nasi goreng tersebut. Karena reaksi tersebutlah pihak Manajemen Surabaya Suite Hotel lantas menamai menu makanan kreasi chef Eko dengan nama Nasi Goreng Jancuk.

BACA JUGA  Tempat Makan Terfavorit di Bogor

 

  1. Spesial Belut Surabaya (SBS)

Warung ini merupakan tempat makan yang cukup populer di Surabaya. Bahkan pembeli bersedia menempuh jarak jauh demi mendapatkannya. Padahal lokasi warung lumayan sulit dicari.  Warung SBS berada di sebuah gang kecil di Jl. Banyu Urip Kidul lV/39, daerah Surabaya Barat. Daerah ini dikenal warga setempat sebagai Bok Abang karena memang berada tak jauh dari bok (jembatan pembatas) yang bercat merah (abang).

Warung ini memang berada di lokasi yang sulit dicari. Namun jangan salah, banyak pembeli harus berdiri menunggu giliran untuk dilayani.

 

  1. Pecel Semanggi

 

Semanggi adalah tanaman liar yang banyak ditemukan di daerah persawahan atau di tepian sungai. Pecel semanggi merupakan makanan khas Surabaya. Namun walaupun merupakan makanan tradisional khas Surabaya, namun makanan ini tidak mudah untuk ditemukan di semua tempat di Surabaya karena kebanyakan dari mereka menjajakan Pecel Semanggi dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.

 

Biasanya anda bisa menemukan penjual pecel semanggi ini di Taman Bungkul, di Taman Prestasi, dan di beberapa kampung lama di Surabaya. Penjual semanggi ini sangat mudah untuk dikenali, biasanya mereka berpakaian kebaya dan jarit. Mereka menjual Pecel Semanggi dengan cara berkeliling menggendong bakul yang berisi dagangan mereka.

 

  1. Rawon Setan

 

Tempat ini diberi nama rawon setan bukan karena banyak setannya. Asal mula kata “Setan” itu sendiri karena dulu warung rawon ini baru buka malam pukul 22.00 hingga dini hari. Namun sekarang Rawon Setan Mbak Endang ini sudah mulai buka sejak pagi dari pukul 07.30 – 22.00 WIB untuk hari Minggu hinga Selasa, dan 07.30 – 03.30 untuk hari Rabu hingga Sabtu. Letaknya di depan Hotel JW Marriot Surabaya, tepatnya di Jl Embong Malang 78, Surabaya.

Rawon Setan Surabaya Embong Malang

Rawon Setan Surabaya Embong Malang via FB Athiek Ithu Aida

Rawon disajikan dengan campuran tauge mentah, taburan bawang merah goreng yang mempercantik penampilan rawon ini. Potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Rasa kuah yang mantap dan sambal yang pedas akan Anda nikmati hingga suapan terakhir.

BACA JUGA  Tempat Liburan Romantis Di Bali Paling Favorit

 

  1. Zangrandi Ice Cream

 

Zangrandi dahulunya merupakan tempat berkumpulnya para sosialita Belanda sebagai tempat untuk nongkrong maupun berdansa. Kedai ini mulanya bernama Renato Zangrandi yang didirikan pada tahun 1930. Bukti  sejarah kepopuleran Zangrandi dapat anda lihat lewat foto-foto jadul yang terpasang di dinding kedai.

 

Di kedai ini menyediakan berbagai macam es krim dengan banyak variant rasa. Selain itu juga ada snack seperti risoles, pastel ataupun kroket. Kedai ini terletak di Jalan Yos Sudarso nomor 15, Surabaya.

 

  1. Nasi Empal Pengampon

 

Nasi Empal Pengampon merupakan menu kuliner уаng cukup terkenal dі kota Surabaya. Sеlаіn menyediakan nasi empal уаng jadi menu andalan depot іnі, јugа ada bubur ayam, lo mie, nasi udang, nasi babat dan sebagainya.

Nasi Empal Pengampon Suarabaya

Nasi Empal Pengampon Suarabaya Via FB Daniel Poetra Raja

Ketika pertama mencoba Nasi Empal Pengampon аndа tіdаk аkаn menemukan tekstur daging уаng alot, karena daging empal уаng disajikan telah disuwir-suwir. Ditambah dеngаn rasa pedas dеngаn kombinasi gurih dan manis serta dilengkapi dеngаn kering tempe dan tumis kacang panjang. Lokasi depot ini berada dі pusat kota Surabaya tepatnya berada dі Jl. Pengampon II No. 3, Surabaya.

 

Bagaimana lezat semua kan menu yang dihidangkan oleh deretan tempat kuliner favorit Surabaya diatas? Semoga dapat menjadi referensi buat anda, khususnya yang sedang mencari  tempat makan lezat di kota Surabaya.