7 Tempat Kuliner Favorit Di Kota Bandung

by
Nusantara   99 views

7 Tempat Kuliner Favorit Di Kota Bandung – Jika membicarakan soal Bandung, atau yang lebih kita kenal sebagai Kota Kembang, pasti anda akan membayangkan kota yang sejuk, dengan banyak tempat wisata dan kulinernya yang menggugah selera.

Dan faktanya memang demikian. Nah untuk anda yang sedang berwisata di kota Bandung, dan sedang mencari tempat makan enak di sana, maka sebaiknya baca ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Tempat Makan Enak di Kota Bandung

1. Nasi Kalong

Nasi Kalong adalah nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah yang dimasak dengan kluwak ditambahkan dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, daun salam, kelapa parut dan lainnya.

Untuk menemani nasi kalong ini tersedia beberapa lauk seperti Tumis Buncis Bakar dan juga Ayam Goreng Madu. Untuk bisa bersntap disini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20.000 sampai Rp 30.000 saja. Kedai Nasi Kalong berada di Jalan RE. Martadinata No. 102 Bandung.

2. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang berlokasi di Jalan Astina, Kota Bandung, di depan Rumah Makan Anugerah atau di belakang Bandung Indah Plaza, salah satu pusat perbelanjaan dan spot nongkrong populer.

Batagor Han Juang Jalan Astina Kota Bandung

Meskipun hanya tergolong jajanan kaki lima atau lebih keren kalau disebut food street, namun rasanya tak kalah dengan makanan cafe. Batagor Hanjuang memiliki citra rasa khas dengan daging ikan tenggiri yang amat kentara, sebagai bahan utama bakso yang terbuat tepung tapioka/sagu yang biasa disebut aci oleh lidah Sunda tersebut.

3. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu gempol merupakan kedai kupat tahu legendaris yang telah puluhan tahun beroperasi di Bandung. Kupat tahu ini pertama kali dijual oleh adik dari pemilik saat ini Ahdan atau akrab disapa Yayah pada 1965. Pada 1975 Yayah meneruskan usaha kupat tahu ini hingga sekarang.

BACA JUGA  Ini Nih Nasi Goreng Mantap Di Jogja Harus Kalian Coba

Ada satu hal yang paling membedakan dengan kupat tahu lain dan menjadi karakter dari kupat tahu Gempol, yaitu bumbu kacang. Bumbu kacang di warung ini lebih kental ketimbang kupat tahu pada umumnya. Selain itu yang membedakan dengan kupat tahu lainnya adalah Kerupuknya. Kerupuk yang disini ukurannya lebih besar yang lebih menyerupai selondok namun lebih mudah hancur.

4. Es Durian Pak Aip

Es Durian Pak Aip terletak di Jalan Tubagus Ismail Raya No. 5, Kota Bandung. Di kedai es durian ini menyediakan berbagai macam olahan durian yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan anda. Disini terdapat menu Sop Durian menyegarkan yang bisa anda coba.
Selain itu, ada pula Chocolove yang terbuat dari durian, santan dan juga susu cokelat. Kedai es durian ini dirancang dengan begitu nyaman sehingga membuat para pelanggan betah berlama-lama berada di keda Es Durian Pak Aip Bandung ini. Untuk dapat menikmati es durian ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000,- sampai Rp 18.000,- per porsinya.

5. Nasi Cikur Warung Inul

Warung Inul mempunyai dua lokasi, lokasi pertama yang paling ramai pengunjung berada di sebelah Marbella Suites Bandung, Dago. Letaknya ada di dalam perumahan Dago. Sedangkan cabangnya terletak di dalam TAHURA (Taman Hutan Raya) Juanda.

Nasi Cikur Warung Inul kota Bandung

Nasi Cikur Warung Inul Bandung Via FB Iman Jihaad

Makanan yang tersedia disini tidak jauh berbeda dengan makanan sunda lainnya, seperti Ikan Mas, dendeng, ayam kampung, paru, empal dan makanan sunda lainnya. Namun yang paling istimewa dari rumah makan ini adalah, Nasi cikur.

BACA JUGA  Pesona Wisata Pantai Kuta BALI, Romantisme Keindahan Pasir Putih

Nasi cikur dalam bahasa sunda artinya adalah nasi kencur. Nasinya terbuat dari kencur dan daun kemangi. rasanya begitu unik, gurih dan dijamin ketagihan.

6. Warung Sitinggil

Warung sitinggil merupakan sebuah cafe dengan suasana romantis memamerkan pemandangan cantik kota Bandung karya arsitek muda Indonesia, Yu Sing. Cafe ini mengusung konsep rustic dengan bahan bangunan alami dan pondasi yang tak mengganggu aliran air wilayah setempat.

Lokasi Warung Sitinggil Kota Bandung

Lokasi Warung Sitinggil Kota Bandung Via FB Warung Sitinggil

Makanan disini didominasi oleh makanan nusantara seperti sop buntut, nasi timbel, iga bakar, nasi bakar, bubur ayam anglo, hingga camilan sederhana seperti pisang goreng. Untuk minumnya anda bisa memilih serangkaian jus segar dari buah-buahan yang ditanam sendiri, kopi, susu, teh, juga wedang jahe.

7. Warung Misbar

Warung Misbar didesain sedemikian rupa sehingga saat anda berkunjung, anda akan merasa seolah sedang nonton bareng di studio mini. Warna cerah mendominasi interiornya disamping juga adanya tempelan poster-poster film jadul. Suasana didalamnya lebih cocok jika disebut sebagai studio film bukan tempat makan.

terdapat banyak pilihan menu yang sesuai dengan selera. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan. Bahkan Anda juga bisa request misalnya masakan yang dipesan dianggap kurang hangat/ panas, maka bisa meminta untuk dipanaskan lagi.

makanan yang disajikan antara lain goreng ayam, goreng ikan, tahu, tempe, sayur lodeh, sayur kentang, sayur asem, semur jengkol, pete, sampai sambal dan juga lalapannya. Warung Misbar berada di Jalan RE. Martadinata No. 28A, Bandung.

Nah, itulah ulasan yang telah kami rangkum mengenai 7 Tempat Kuliner Favorit Di Kota Bandung. Tempat manakah yang paling ingin anda kunjungi?