7 Destinasi Wisata Terfavorit Di Kota Balikpapan

by
Balikpapan Nusantara   248 views

7 Destinasi Wisata Terfavorit Di Kota Balikpapan – Jika Anda mendengar kota Balikpapan, apa yang ada dipikiran Anda? Tentu kota minyak bukan? Seperti yang Anda tahu, kota yang berada di kawasan Kalimantan Timur ini terkenal akan sumber daya minyaknya yang sangat tinggi. Balikpapan dikenal sebagai salah satu dari sekian kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Tanah Air. Selain itu, kota minyak ini mempunyai kualitas udara yang jauh lebih baik jika dibanding dengan beberapa kota besar lainnya.

Selain sumber daya minyaknya, Balikpapanmempunyai berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Alam Balikpapan begitu indah mulai dari hutan sampai pantainya. Ada pula landmark yang menjadi kebanggaan kota minyak ini.

7 Obyek Wisata Terfavorit di Balikpapan

Pantai Kemala

Pantai Kemala atau yang kerap disebut Pantai Polda ini adalah sebuah pantai yang terletak di Balikpapan yang mempunyai alamat di jalan Jenderal Sudirman. Pantai Kemala selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan , terutama saat akhir pekan. Pantai ini mempunyai banyak pengunjung karena adanya pasir putih yang membentang luas hingga angin sepoi-sepoi yang membuat para pengunjung terpesona dibuatnya.

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai merupakan hutan hujan tropis yang begitu alami. Mempunyai fasilitas yang sudah lengkap mulai dari restoran, kolam renang sampai dengan cottage yang mempunyai gaya rumah panggung yang dapat digunakan sebagi tempat menginap.

Bukit Bangkirai Wisata Keluarga Favorit Di Balikpapan

Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat wisata yang digemari di Balikpapan yakni Hutan Lindung Sungai Wain yang merupakan hutan tropis yang terbilang alami bahkan belum tersentuh campur tangan manusia. Tempat wisata yang berada di Balikpapan ini, tepatnya KM 23 Jalan Balikpapan, Samarinda sudah menjadi tempat perlindungan berbagi flora dan fauna langka seperti bekantan, beruang kantong semar, orang utan, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Blitar

Penangkaran Buaya Teritip

Anda dapat mengunjungi Penangkaran Buaya Teritip yang dekat dengan pantai Lamaru. Penangkarang ini mempunyai luas 5 hektar. Penangkarang ini menjadi salah satu tempat wisata kota Balikpapan yang banyak dikunjungi para wisatawan. Selain ada lebih dari 1.500 ekor buaya, di sini ada pula kandang monyet dan ular. Selain itu, banyak gajah Lampung yang bisa Anda naiki hanya untuk berkeliling di kawasan penangkaran buaya.

Jika Anda menyukai kuliner, Anda bisa datang di akhir pekan atau hari libur nasional, karena Anda dapat  mencicipi sate buaya. Namun, jika Anda tak bisa datang di akhir pekan untuk mencicipi daging buaya, Anda masih bisa membeli berbagai suvenir dan oleh-oleh yang terbuat dari kulit buaya misalnya ikat pinggang dan dompet. Penangkaran satu ini selalu buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai jam 17:00 dengan biaya masuk yang murah yakni 10.000 Rupiah untuk satu orang.

Gunung Dubs

Wisata Gunung Dubs adalah sebuah dataran tinggi yang berada di kota Balikpapan. Gunung Dubs telah menjadi kompleks perumahan pertamina yang dekat dengan kilang minyak. Wisata ini menampilkan pemandangan yang sangat indah dan enak dipandang. Di sepanjang jalan banyak pohon rindang yang membuat udara semakin terasa sejuk. Saat malam hari, wisata ini menampilkan pemandangan kota yang cantik dengan gemerlap lampu kota yang begitu indah.

Pada Gunung Dubs terdapat wisata malam yang akan memberikan pengalaman baru tentang hasil perkilangan minyak pertamina yang mempunyai bentuk mirip drum namun dengan dimensi raksasa. Anda bisa bersantai di sini untuk menikmati keindahan alam yang bisa menyejukkan pikiran dan hari Anda dengan permukaan laut dari atas bukit dan kota yang pastinya membuat Anda semakin kagum dengan kekuasaan dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

BACA JUGA  Ini Nih Nasi Goreng Mantap Di Jogja Harus Kalian Coba
Wisata Kampung Atas Air Margasari Balikpapan

Kampung Atas Air Margasari

Tempat wisata Balikpapan selanjutnya yakni Kampung Atas Air Margasari. Di tempat ini, Anda dapat merasakan Venice ala kota Balikpapan. Seluruh rumah disini, terbuat dari kayu yang berada di atas air, transportasi yang dipakai pun berupa perahu motor. Perlu diketahui, kampung unik ini sudah ada sejak tahun 2000an dan menjadi salah satu destinasi wisata Balikpapan yang cukup populer.

Di sini, Anda dapat bersantai di halaman gazebo yang sudah disediakan sambil bercengkrama dengan warga setempat. Atau jika Anda suka memancing, Anda dapat membawa alat pancing dan bisa memancing dari atas jembatan kayu ulin yang sangat unik.

Pulau Segajah

Wisata Balikpapan selanjutnya yakni Pulau Segajah. Pulau ini mempunyai jarak 250 km dari kota Balikpapan. Lokasi initerletak di keluarahn Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur. Keunikan dari Pulau Segajahyakni pulau ini hanya bisa dikunjungi saat siang hari. Mengapa demikian? Karena Pulau Segajah akan tenggelam saatmalam hari tiba. Jika Anda berkunjung di siang hari, Anda pun harus memperhatikan kondisi air laut dan pastikan dalam keadaan surut.

Bagaimana, 7 obyek wisata terfavorit di Balikpapan, yang kami rekomendasikan diatas sangat menarik untuk dikunjungi bukan?